Site icon Made Blog

Anjing Golden: Sejarah, Ciri-Ciri, Jenis, Karakter dan Cara Merawatnya

Anjing Golden – Anjing adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh manusia. Alasan banyaknya orang yang memelihara anjing yaitu karena pintar dan tingkahnya yang menggemaskan. Di samping itu, ada banyak pilihan bagi orang-orang untuk memelihara anjing karena ras atau jenisnya yang banyak.

Anjing golden retriever atau golden merupakan salah satu ras atau jenis anjing yang terkenal dan banyak dipelihara. Bukan hanya bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan saja, anjing ini juga bisa dijadikan sebagai anjing penjaga rumah.

Hal tersebut dikarenakan tingkat kesetiaan yang dimiliki anjing golden kepada pemiliknya sehingga membuatnya banyak dijadikan anjing penjaga rumah. Selain itu, anjing golden juga mempunyai postur tubuh yang gagah sehingga semakin membuatnya cocok untuk menjaga rumah majikannya. Kepintaran yang dimiliki oleh anjing tersebut juga melebihi anjing-anjing jenis lainnya.

Sejarah Tentang Anjing Golden

gerava.com

Orang yang pertama kali memperkenalkan anjing golden retriever ini yaitu seorang pemburu bernama Sir Dudley Coutts Marjobank MP atau terkenal dengan nama Lord Tweedmouth.

Skotlandia menjadi tempat yang paling favorit untuk dia berburu. Guna mendukung hobi berburunya tersebut, kemudian ia membangun sebuah tempat yang digunakan sebagai tempat beristirahat yang ia namakan sebagai Guischan Estate.

Sebagai seorang pemburu, tentu saja Lord Tweedmouth ini begitu mendambakan seekor anjing yang bisa mendampingi dirinya setiap ia melakukan hobi berburunya ke hutan. Bukan hanya itu saja, dia juga sangat menginginkan mempunyai anjing yang handal dalam berburu sehingga bisa membantunya mengantarkan hasil buruan atau menangkap buruan tersebut.

Untuk bisa memperoleh anjing yang sangat ia impikan tersebut, maka Lord Tweedmouth melakukan sebuah eksperimen yaitu dengan mengawinkan antara anjing jenis water spaniel dengan anjing yellow retriever. Nah, hasil perkawinan silang antara kedua jenis anjing tersebut kemudian lahirlah 3 ekor anak anjing yang semua bulunya berwarna kuning.

Nah, munculnya anjing golden retriever tersebut berawal dari ketiga ekor anak anjing tersebut yakni bulunya berwarna gold atau emas serta mempunyai kemampuan berburu yang sangat baik. Hingga proses persilangan kedua anjing tersebut semakin terus berlanjut selama tahun 1889 sampai dengan 1890.

Hingga pada akhirnya di tahun 1904 Lord Tweedmouth tersebut meninggal dunia. Akan tetapi proses pengembangbiakan anjing golden retriever tersebut terus berlangsung hingga bertahun-tahun. Hingga pada akhirnya penyebaran anjing golden retriever tersebut mencapai daratan Amerika, Kanada hingga hampir tersebar ke seluruh dunia.

Kelebihan yang Dimiliki Anjing Golden

www.rajima.me

Kelebihan yang dimiliki oleh anjing golden ini pada umumnya tidak dimiliki oleh jenis anjing yang lainnya. Di bawah ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis anjing retriever:

Anjing retriever dikenal juga sebagai salah satu anjing penyelamat yang terkenal di berbagai negara dan Amerika adalah salah satunya.

Di negara Amerika sendiri, anjing golden retriever ini dilatih dengan sedemikian rupa dan membuatnya mampu untuk bekerja dalam misi penyelamatan misalnya narkoba maupun pelacakan bom. Di samping itu, anjing golden retriever ini juga mampu mencari serta menolong para korban di dalam keadaan darurat seperti pada saat bencana alam dan lain sebagainya.

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh anjing golden retriever yakni bisa menjadi anjing pelayan. Menggambarkan hal tersebut seringkali dimanfaatkan di negara Jepang dan Amerika.

Anjing golden retriever ini mempunyai tingkat kepintaran yang cukup tinggi sehingga membuatnya sangat mudah untuk dilatih dalam membantu pelayanan sosial misalnya seperti membantu menghibur para penderita kanker, membantu orang buta berjalan dan lain sebagainya.

Anjing golden retriever di negara Jerman memang seringkali dimanfaatkan sebagai anjing penggembala ternak. Hal tersebut dikarenakan anjing golden retriever ini bisa melakukan pengarahan, pengawasan serta mampu memeriksa keadaan ternak.

Selain itu anjing golden retriever ini juga mempunyai kemampuan dalam berlari yang sangat gesit dan ditunjang pula dengan tingkat kecerdasannya yang baik sehingga membuat anjing golden retriever ini cocok sekali sebagai anjing penggembala.

Karakter yang Dimiliki Anjing Golden

thegorbalsla.com

Perlu adanya pengetahuan terkait dengan karakter atau sifat yang dimiliki oleh anjing golden supaya lebih mengenal anjing golden dengan baik. Nah, di bawah ini adalah karakter yang anjing golden miliki:

Ciri-ciri yang Dimiliki Anjing Golden

www.dunia-anjing.com

Jumlah anjing yang ada di dunia ini memang sangat banyak sekali, namun setiap jenisnya tentu mempunyai ciri-ciri khasnya sehingga membuatnya bisa dibedakan antara anjing satu dengan anjing yang lainnya. Sebagaimana ciri-ciri dari anjing golden ini yang sangat mudah dikenali yakni sebagai berikut:

Jenis-jenis Anjing Golden

blog.elevenia.co.id

Secara umum ada dua jenis variasi anjing golden retriever yang ada di dunia ini. Kedua jenis variasi anjing golden tersebut tentunya punya ciri khas yang berbeda satu sama lain. supaya lebih jelas naga Berikut ini adalah dua jenis anjing golden yang terdapat di dunia.

Variasi jenis anjing golden yang pertama yaitu tipe Inggris yang mempunyai berbagai variasi yakni garis Amerika, australis serta Eropa. Ciri utama dari anjing golden tipe Inggris ini yaitu tulangnya yang berukuran besar, kepalanya lebih menyiku serta moncongnya yang terlihat lebih berat.

Sedangkan pada umumnya, anjing berkelamin jantan dari tipe Inggris ini mempunyai panjang mencapai 56 cm sampai dengan 61 cm. Sedangkan tipe Inggris anjing golden betina panjangnya bisa mencapai 51 sampai 56 cm.

Variasi jenis anjing golden yang kedua yaitu tipe Amerika yang mana anjing golden tipe ini mempunyai tubuh yang lebih gemuk dan pendek daripada tipe Inggris. Untuk anjing golden jantan tipe Amerika ini mempunyai bahu dengan tinggi 56 sampai 61 cm dan untuk betinanya 55-57 cm.

Anjing golden tipe Amerika ini mempunyai gaya berjalan yang bebas, lembut, tenaga serta koordinasinya yang baik. Ciri khas lainnya dari anjing golden tipe Amerika ini yaitu matanya yang terlihat seperti bentuk segitiga dan cenderung terpisah.

Sebelum Memelihara Anjing Golden Harus Memperhatikan Hal-hal Ini

www.petfoodindonesia.com

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang ingin memelihara anjing golden:

Biaya menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan apabila ingin memelihara anjing golden. Mulai dari biaya pakan sampai dengan biaya perawatan yang lainnya. Jangan sampai karena Anda memelihara anjing golden dan dan perhitungan yang salah sehingga membuat kebutuhan sehari-hari Anda menjadi terbebani.

Bahkan ada banyak orang yang tidak melakukan perhitungan biaya sehingga anjing peliharaannya menjadi tidak terurus dan bahkan dibuang.

Sebelum memelihara anjing golden retriever, maka hal pertama yang perlu untuk Anda perhatikan yaitu masalah tempat tinggal Anda. Anjing golden memiliki sifat alamiah suka bermain dan sangat reaktif sehingga membuatnya butuh tempat dengan ukuran yang luas sehingga anjing golden tersebut bisa bebas bermain.

Akan tetapi apabila Anda tinggal di rumah susun ataupun di apartemen, maka Anda harus berpikir ulang apabila ingin memelihara anjing golden retriever ini.

Apabila Anda sudah ah benar-benar berfikir dan sudah siap atas segala konsekuensi yang Anda dapatkan dari memelihara anjing, maka Anda bisa melangkah ke jenjang berikutnya yaitu mengadopsi atau membeli anjing.

Sebelum Anda mengadopsi anjing, terlebih dahulu harus Anda pastikan asal-usul anjing yang akan diadopsi agar statusnya jelas. Hal tersebut bertujuan guna pencegahan penerimaan anjing curian atau penipuan atas keturunan maupun ras anjing.

Di dalam memelihara anjing memang kita harus mengorbankan sedikit waktu kita. Hal tersebut dikarenakan anjing memerlukan perhatian khusus dari kita sehingga membuat kebebasan Anda terganggu serta menyita waktu Anda.

Jangan sampai kejadian yakni hanya senang memelihara anjing di awal-awal saja namun tidak mau meluangkan waktu Anda untuk merawat dengan sepenuh hati dan penuh kasih sayang.

Kemudian waktu menjadi hal yang harus jadi perhatian sebelum Anda memelihara anjing golden retriever. Apakah waktu yang Anda miliki cukup untuk merawat anjing tersebut? Kemudian apakah pekerjaan Anda membutuhkan waktu sepanjang hari?

Maka apabila Anda tidak punya cukup waktu dan sangat sibuk, lebih baik pikirkan lagi jika Anda ingin memelihara anjing. Hal tersebut dikarenakan anjing golden ini adalah jenis anjing yang membutuhkan perhatian ekstra serta kasih sayang sehingga apabila dia tidak mendapatkannya maka akan membuatnya menjadi stress.

Tips Merawat Anjing Golden Anakan

arenahewan.com

Dalam perawatan anjing golden memang benar-benar membutuhkan perhatian yang besar khususnya merawat anak anjing golden. Hal tersebut disebabkan sifat dari anjing golden ini senang bermain dan sangat aktif sehingga Anda harus memberikan perhatian secara khusus. Supaya lebih jelas, naga di bawah ini adalah tips dalam merawat anak anjing golden.

Sebagaimana sifat dari anak, maka Begitu juga dengan anak anjing yang mempunyai sifat senang bermain-main. Hal tersebut juga seperti sifat alami anjing golden yang suka bermain dan aktif. Maka dari itu mengajak anak anjing golden bermain-main memang sangat penting supaya sifat alaminya bisa tersalurkan secara baik.

Akan tetapi Anda harus memberikan pengawasan yang ketat saat anak anjing bermain supaya hal-hal yang tak diinginkan tidak terjadi. Beberapa hal bisa Anda lakukan untuk mengajak anak anjing golden bermain yaitu dengan mengajaknya keluar rumah setiap hari.

halaman rumah atau berkeliling kompleks bisa Anda jadikan sebagai pilihan mengajak anak anjing jalan-jalan. Selain mengajaknya berjalan-jalan, anak anjing golden juga bisa Anda ajak bermain lempar tangkap. Anda bisa memakai bola tenis atau pun frisbee untuk digunakan bermain dengan anak anjing golden.

Bulu anjing golden yang lebat memang membutuhkan perhatian secara khusus bagi pemiliknya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberikan perhatian pada bulu anjing golden yaitu dengan menyisir bulunya sesering mungkin supaya kerontokan yang terjadi bisa berkurang keuntungan menggunakan sisir khusus.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus mengontrol bulu anjing golden dari adanya luka, kutu maupun jamur yang akan membuat bulu anjing tidak sehat.

Pemilihan makanan menjadi salah satu hal yang benar-benar harus Anda perhatikan dalam merawat anjing golden yang masih kecil. Hal tersebut dikarenakan pilihan makanan bisa mempengaruhi pertumbuhan anak anjing.

apalagi Anjing Golden ini punya bulu yang sangat lebat sehingga makanan yang dikonsumsinya harus yang menyehatkan bulu anjing. Sedangkan makanan yang paling tepat diberikan kepada anak anjing golden yakni makanan anjing yang memiliki kandungan nutrisi tinggi.

Dalam cara merawat anjing golden maka Anda harus mengenali emosi dan juga karakter dari anjing golden tersebut. Dengan demikian, maka akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan perawatan kepada anak anjing golden.

Akan tetapi, jika anjing golden anakan tersebut masih mempunyai induk, maka lebih baik Anda membiarkan anak anjing golden tersebut dekat bersama induknya hingga anak anjing golden tersebut tumbuh dengan lebih baik.

Cara dalam Merawat Anjing Golden Dewasa

thegorbalsla.com

Beberapa cara harus Anda lakukan untuk memberikan perawatan kepada anjing golden dewasa, sebagaimana berikut ini.

Cara merawat anjing golden dewasa juga dilakukan dengan merawat bulunya supaya tetap bersih dan sehat. Caranya pun juga cukup mudah yakni Anda bisa melihatnya dengan menggunakan kanebo.

Anda juga perlu memberikan vitamin dan nutrisi kepada anjing golden supaya bulunya bisa tumbuh dan terhindar dari bulu rontok. Akan tetapi jika waktu yang Anda miliki tidak banyak, maka Anda bisa membawa anjing golden ke salon secara berkala.

Karena anjing golden ini sangat terkenal dengan sifatnya yang suka bermain dan aktif, maka meluangkan waktu bersama anjing golden merupakan hal yang sangat.

Hal tersebut memiliki tujuan supaya rasa bosan pada anjing golden bisa diatasi. Misalnya dengan mengajaknya keluar jalan-jalan atau memberikan waktu kepada anjing bermain di halaman rumah.

Sedangkan ketika Anda meninggalkan anjing pergi dari rumah, maka akan lebih baik jika Anda memasukkan anjing golden ke dalam kandang. hal tersebut bertujuan supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika Anda tidak di rumah seperti menelan benda asing, tersengat listrik dan lain sebagainya.

Pemberian makanan merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan perawatan kepada anjing peliharaan. Ada beberapa jenis dog food yang bisa Anda beli yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan anjing.

Jika anjing golden Anda sedang mengandung maupun sedang menyusui, maka berikanlah dog food yang terdapat grade di bawahnya supaya pakannya sesuai dan juga efisien dengan kebutuhan hariannya. Pemberian pakan harus Anda sesuaikan ukuran atau takarannya terhadap kondisi anjing.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan dog food ini tidak semua takarannya sesuai dengan kondisi pencernaan anjing. Maka dari itu Anda harus melakukan percobaan beberapa kali dengan berbagai merk dog food sampai menemukan dog food yang cocok untuk anjing Anda. 

Harga Pasaran Anjing Golden

hewanpeli.com

Anjing golden retriever bisa Anda dapatkan di pasaran dengan harga yang bervariasi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas anjing golden retriever. Kualitas anjing golden retriever tersebut bisa dilihat dari bentuk fisik yang dimilikinya.

Sertifikasi atau dokumen dari asal usul anjing golden retriever tersebut juga bisa mempengaruhi harga jualnya. Meningkatnya harga anjing golden retriever juga bisa dilihat dari jejak prestasi yang pernah didapat.

Apabila anjing golden retriever tersebut pernah menang kontes, maka harga jualnya jauh lebih mahal daripada anjing golden retriever biasa. Hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap anjing golden retriever anakan yang berasal dari induk anjing yang dulunya pernah menang kontes.

Berikut ini gambaran harga anjing golden retriever yang ada di pasaran:

Tips Merawat Kesehatan Anjing Golden

kehidupanbinatang.blogspot.com

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga kesehatan anjing golden:

Yang membutuhkan air minum bukan hanya manusia melainkan anjing juga membutuhkannya setiap hari. Supaya air minum anjing tidak tercemar oleh virus dan juga bakteri, sebaiknya Anda selalu menggantinya setiap hari.

Menjaga keseimbangan pola makan pada anjing harus selalu diperhatikan supaya kesehatan anjing golden tetap terjaga. makanan yang diberikan harus diberi secara teratur dengan pakan yang berkualitas dengan disesuaikan pada kebutuhan nutrisi anjing golden. 

Cara menjaga kesehatan anjing golden yang terakhir yaitu dengan melakukan grooming terutama karena anjing golden memiliki bulu yang lebat dan panjang.

Grooming ini bertujuan supaya mencegah dari penyakit kulit serta merawat bulu supaya tetap bersih. Anda bisa melakukan grooming ini sendiri atau bisa dengan menyewa jasa grooming dan sebaiknya Anda lakukan setiap 3 sampai dengan 6 minggu sekali supaya hasilnya optimal.

Supaya kesehatan anjing tetap terjaga, maka Anda harus mengecek kondisi kesehatannya setiap hari. Sebab anjing merupakan salah satu hewan yang paling rawan terkena penyakit seperti penyakit kulit bahkan sampai penyakit mematikan sekalipun. 

Pakan Anjing Golden Terbaik

www.tokopedia.com

Memberikan makan kepada anjing golden harus disesuaikan dengan usia anjing supaya nutrisi pakan tersebut sesuai dengan tahap pertumbuhan anjing golden. Pakan terbaik untuk anjing berusia 1-2 tahun yaitu bisa Anda dapatkan di petshop.

Untuk menunjang pertumbuhan anjing golden maka Anda bisa memberikan tambahan vitamin. Sedangkan anjing yang usianya 2 tahun ke atas bisa Anda berikan pakan berupa jeroan atau daging segar sebanyak 2 kg setiap harinya. Sedangkan supaya kesehatan anjing tetap terjaga, maka bisa Anda berikan vaksin setiap tahun 1 kali. 

Makanan pendamping utama juga bisa Anda berikan kepada anjing golden seperti telur rebus, madu, sayuran kukus, jeroan dan lain sebagainya. makanan pendamping yang diberikan kepada anjing golden mampu menunjang pertumbuhannya secara maksimal.

Akan tetapi perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua anjing cocok diberi makanan pendamping tersebut sehingga Anda harus tetap selektif dalam memberikan makanan pendamping.

Langkah-langkah untuk Mengawinkan Anjing Golden

thegorbalsla.com

Biasanya perkawinan antara anjing terjadi secara alami. Akan tetapi itu hanya berlaku jika anjing golden liar atau dilepas di luar. Sedangkan anjing golden perumahan biasanya akan membutuhkan bantuan untuk kawin karena tidak bisa kawin sembarangan dengan anjing liar. Berikut ini gambaran dari cara mengawinkan anjing golden retriever.

Anjing golden jantan pada umumnya sudah mempunyai naluri untuk kawin. Nah, pada saat itulah Anda hanya tinggal membantunya dengan menjaga anjing golden betina supaya tidak berontak dan tidak menggigit anjing golden jantan.

Akan tetapi jika anjing golden jantan masih belum punya insting untuk kawin, maka Anda bisa membantunya dengan menaikkan anjing golden jantan ke punggung anjing golden betina supaya kelamin pejantannya bisa masuk ke alat kelamin betina.

Ketika dalam proses perkawinan, maka Anda bisa memegang anjing golden betina supaya posisinya tidak banyak bergerak. Tujuannya yaitu supaya anjing golden jantan bisa lebih mudah untuk menaiki tubuh anjing golden betina. Selanjutnya ekor anjing golden betina bisa Anda kesampingkan supaya alat kelaminnya tidak tertutup.

Sebelum Anda membantu dalam perkawinan anjing golden, maka Anda harus memastikan bahwa cari Anda sudah steril supaya tidak membawa bakteri ketika membantu perkawinan anjing golden. Jika posisi kedua anjing golden tersebut sudah dirasa benar, kemudian tahanlah sampai alat kelamin anjing golden jantan membesar dan terkunci.

Kemudian setelah alat kelamin jantan terkunci posisikan kedua anjing golden tersebut yang saling membelakangi. Biasanya proses perkawinan pada anjing golden ini akan terjadi selama 5 sampai 20 menit atau tergantung dari kondisi dan situasi.

Jika proses perkawinan sudah selesai, maka anjing betina jangan Anda perbolehkan untuk melompat-lompat atau bahkan berlari supaya ia tidak mengalami keguguran. Pada umumnya perkawinan tersebut akan diulang kembali dalam selang waktu sehari dengan tujuan meningkatkan peluang kehamilan.

Masa Kawin untuk Anjing Golden

thegorbalsla.com

Anjing golden retriever jantan biasanya masa kawinnya terjadi ketika sudah sampai pada masa subur. Ketika sedang masa kawin, maka anjing golden jantan bisa mencium aroma dari hormon pheromones yang telah anjing golden betina keluarkan yakni dengan radius sampai 5 km.

Biasanya pada musim kawin juga anjing golden jantan ini akan mendekati anjing golden betina dan akan terjadi sebuah pertarungan antar anjing golden jantan untuk bisa mendapatkan anjing golden betina. Anjing golden betina hanya bisa kawin ketika memasuki masa subur saja yang dimulai dari adanya menstruasi di usianya yang ke 6 sampai 7 bulan.

Setiap 6 bulan sekali hal tersebut akan berulang dan masa subur anjing golden betina tersebut biasanya sekitar hari ke-8 sampai 14 dihitung dari hari loop pertama. akan tetapi tergantung juga dari kondisi kesuburan yang dimiliki oleh setiap anjing golden.

Di bawah ini adalah tanda-tanda dari anjing golden betina yang sudah siap dikawinkan:

Tips Merawat Kandang Anjing Golden

gurukucing.wordpress.com

Kandang anjing golden juga perlu dilakukan perawatan seperti di bawah ini:

Merawat kandang anjing juga harus rutin dicuci secara berkala minimal seminggu sekali dengan menggunakan sabun bubuk atau sabun cair. Jangan lupa juga untuk menyikat kandang anjing supaya kotoran yang terdapat di besi kandang bisa terangkat.

Kandang yang bersih tentunya akan membuat anjing peliharaan menjadi sehat dan nyaman sehingga kebersihannya harus selalu dijaga. Maka dari itu, kandang anjing harus selalu dibersihkan secara rutin supaya penyakit menjauh.

Membersihkan kotoran anjing setiap pagi yang terdapat di litter box merupakan hal yang wajib dalam melakukan perawatan terhadap kandang anjing. Sebab jika kotoran anjing terlalu lama berada di litter box bisa mendatangkan virus yang akan membahayakan kesehatan anjing golden.

Syarat untuk Kandang Anjing Golden yang Sehat

tehgorbalsla.com

Kandang anjing golden yang baik mempunyai syarat tertentu supaya anjing peliharaan Anda bisa hidup dengan nyaman dan lebih baik. Berikut ini syarat-syaratnya:

Baca Juga Hewan Peliharaan

Nah, demikianlah ulasan lengkap dari artikel tentang anjing golden. Semoga referensi dalam perawatan anjing golden bisa Anda temukan di dalam artikel ini. Semoga bermanfaat.

Exit mobile version