5+ Rumah Adat Jawa Tengah : Sejarah, Gambar dan Penjelasannya

Rumah Adat Jawa Tengah – Setiap rumah adat menyimpan keunikan tersendiri, meski beberapa ada yang memiliki kemiripan misalnya antara rumah Joglo Jawa Timur dan Rumah Joglo Jawa Tengah. Namun, hal tersebut tentu dapat terjadi karena ternyata desain arsitektur rumah adat di wilayah Jawa banyak dipengaruhi oleh budaya dan tradisi Hindu.

Terutama rumah Joglo. Kita tahu bahwa sebelum masuknya agama Islam yang kini menjadi agama mayoritas, pulau Jawa adalah salah satu pulau yang menjadi pusat persebaran agama Hindu. Sehingga dalam perkembangannya, rumah adat di pulau Jawa menjadi hasil dari budaya pada masa tersebut.

Maka penyebab utama mengapa perkembangan budaya Hindu bisa melekat hingga kini adalah karena jumlah pengikutnya yang cukup banyak di masa itu.

Akulturasi budaya dan persebaran ajaran agama Hindu membawa masyarakat pada tradisi yang masih terus dilestarikan hingga akhirnya menjadi gaya hidup masyarakat di masa lampau.

Sedangkan begitu ajaran agama Islam masuk, akulturasi budaya menjadi lebih lembut dan disesuaikan, namun masih mengandung nilai dan tradisi yang akrab dengan masyarakat. Meskipun begitu, mencakup arsitektur bangunannya masih erat berkaitan dengan desain pura Hindu yang diadaptasi dari pura India.

Perkembangan semakin pesat dan masyarakat banyak menggunakan desain tersebut bagi rumah mereka. Hingga kini masih bisa didapati rumah adat yang khas dan tradisional. Setiap daerah di Indonesia memang memiliki berbagai macam rumah adatnya masing-masing.

Begitupun dengan daerah di Jawa Tengah yang kental dengan kebudayaan dan tradisi leluhur. Adapun rumah adat merupakan salah satu warisan yang terus dilestarikan hingga kini.

Tentu saja kita tak boleh kalah dengan generasi sebelumnya yang tetap menjaga dan melestarikan kebudayaan termasuk rumah adat beserta pengetahuannya.

Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai berbagai macam rumah adat yang ada di Jawa Tengah. Karena itu, berikut sudah terangkum keunikan rumah adat khas Jawa Tengah, mulai dari Joglo yang paling terkenal hingga Tajug yang tak kalah menarik.

Rumah Adat Jawa Tengah

Joglo

rumahjoglo.net

Jika Anda berkunjung ke daerah Yogyakarta, maka cukup mudah menemukan bangunan rumah khas ini. Sebagian besar orang sangat familiar dengan desain rumah yang satu ini. Meskipun bisa saja terdapat berbagai perbedaan dengan nama yang sama.

Terlebih di zaman modern ini adaptasi bangunan tradisional banyak dilakukan sesuai dengan keadaan masa kini. Namun, di Yogyakarta masih banyak masyarakat yang melestarikan kekhasan rumah tradisional Joglo. Terutama jika pemiliknya adalah orang yang cukup bernama.

Jika diperhatikan, rumah ini memiliki desain yang nyaman bagi penghuninya. Dengan teras yang cukup luas tanpa sekat menjadikannya tampak leluasa untuk ditempati. Hal itu memang menjadi salah satu ciri khas rumah adat Joglo yang banyak terdapat di wilayah Yogyakarta.

Begitupun dengan beberapa rumah adat yang lain, rumah ini juga memiliki soko guru atau tiang penyangga rumah yang berjumlah empat tiang. Sebagaimana penjelasan di atas, rumah Joglo memang seringkali dimiliki oleh orang-orang dengan kemampuan finansial tingkat menengah ke atas. Karena desain rumah ini cukup melambangkan kekayaan seseorang.

Kampung

rumah adat indonesia

Rumah adat yang satu ini adalah salah satu rumah yang cukup unik dan menarik karena memiliki cukup banyak tipe rumah dengan berbagai nama. Sedikitnya ada tiga belas tipe rumah misalnya rumah Kampung Pokok, Pacul Gowang, dan Gajah Ngombe.

Tak hanya itu, salah satu pembeda yang khas terletak pada bagian tiangnya yang harus berjumlah kelipatan empat dan jumlah terkecilnya adalah delapan tiang. Jumlah itu masih dapat ditambah namun harus memenuhi ketentuan yakni merupakan angka dengan kelipatan empat seperti dua belas, enam belas dan seterusnya.

Hal tersebut menjadi pembeda antara rumah Kampung dan Rumah Joglo yang hanya bertiang empat. Secara strata sosial, rumah ini banyak dimiliki oleh masyarakat biasa. Sebagaimana rumah pada umumnya rumah Kampung memiliki beberapa kamar tidur, ruang tamu, dapur dan teras. Rumah adat khas ini tentu cukup nyaman untuk ditinggali.

Panggang Pe

brainengine.net

Jika Anda berasal dari Yogyakarta, mungkin nama rumah ini tidak asing bagi Anda. Karena Panggang Pe adalah salah satu rumah adat yang cukup populer di sana. Hampir serupa dengan kepopuleran rumah adat Joglo. Biasanya rumah ini disangga oleh tiang kayu yang kokoh dan kuat dengan jumlah empat hingga enam tiang.

Bentuk rumah pada bagian depannya cenderung lebih rendah dengan tiang penyangga yang lebih rendah pula. Itulah salah satu keunikan rumah adat Panggang Pe. Selain hal itu, desain rumah seperti ini juga sering dijadikan desain bangunan kios kecil untuk keperluan berdagang.

Beberapa rumah yang hampir serupa dengan desain rumah ini di antaranya ada rumah Gedhang Salirang, Cere Gancet, Gedang Setangkep dan Rumah Empyak Setangkep. Tak berbeda dari rumah lainnya, rumah adat Panggang Pe juga dilengkapi dengan ruang tidur atau kamar tidur, ruang tamu, ruang tengah maupun dapur dan juga teras.

Dengan desain dan kelengkapan yang sedemikian rupa, rumah adat Panggang Pe sangat nyaman untuk dihuni. Kini rumah adat ini masih ada di wilayah Jawa Tengah. Masyarakat di sana masih terus melestarikan tradisi dan budaya masa lalu.

Limasan

www.balijoglo.com

Di Indonesia ada banyak jenis rumah dengan bentuk atap seperti limas. Biasanya namanya juga menyertakan kata Limasan sebagaimana bentuk rumah tersebut. Begitupun dengan rumah adat Limasan asal Jawa Tengah ini, di bagian atapnya memiliki empat buah sisi dengan bentuk limas seperti yang sering kita temui.

Tak hanya di wilayah Jawa, rumah dengan bentuk atap serupa banyak ditemukan di wilayah lain. Biasanya para perantau dari daerah Jawa masih menggunakan desain rumah ini. Adapun tipe rumahnya meliputi Lambang Sari, Gajah Mungkur, Klabang Nyander dan berbagai tipe lainnya dengan bentuk yang khas pada masing-masing tipe.

Biasanya jenis rumah ini dimiliki oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Desainnya sederhana dan cukup mudah dan nyaman ditinggali. Tentunya, untuk mengenali rumah adat Limasan adalah dilihat dari bentuk atapnya. Sangat mudah dan familiar bukan.

Saat ini kita bisa melihat rumah adat asal Jawa Tengah ini di berbagai daerah karena banyak penduduk atau masyarakat Jawa Tengah yang mengadu hidupnya di wilayah lain dan menggunakan desain rumah ini pada rumah tinggalnya di daerah rantau.

Ruang di dalam rumah ini juga hampir sama seperti rumah kebanyakan, ada kamar tidur, ruang tamu, teras, ruang tengah hingga dapur. Untuk tipe rumah zaman sekarang sudah banyak menambahkan ruang kamar mandi di dalam rumah. Dengan desain seperti itu, rumah Limasan cukup nyaman ditinggali dan cukup mudah untuk dirawat.

Tajug

www.romadecade.org

Seperti apa yang terdapat pada judul, rumah Tajug ini tak kalah menariknya dengan rumah adat Joglo. Begitupun dengan rumah adat yang lainnya. Jika Anda sering mengakses informasi mengenai berbagai macam rumah adat di Indonesia, maka mungkin Anda juga banyak menemui berbagai jenis rumah adat yang lengkap dengan filosofinya.

Sejalan dengan hal tersebut, rumah adat Tajug juga memiliki filosofi tersendiri yang membuatnya menarik dan bermakna. Dan makna utama dari rumah ini ternyata bukan untuk ditinggali karena merupakan jenis rumah yang suci dan disucikan oleh masyarakat setempat.

Sehingga penggunaannya lebih sering diorientasikan sebagai rumah ibadah atau tempat beribadah bagi masyarakat. Jadi tidak penggunaan desain rumah ini juga tidak sembarangan. Karena memiliki filosofi yang sangat dalam sebagai rumah yang suci, bersih dan digunakan untuk perbuatan mulia seperti beribadah.

Bentuk bangunannya sendiri memiliki atap yang runcing layaknya bujur sangkar. Sedangkan tipenya, ada banyak tipe dengan total sebanyak kurang lebih 13 tipe. Sebagaimana fungsi penggunaan yang disesuaikan dengan filosofi tadi, maka desain rumah Tajug ini dapat digunakan untuk pembuatan rumah ibadah seperti masjid atau jenis rumah ibadah lainnya.

Saat ini tentu saja Anda masih bisa menjumpainya di wilayah Jawa Tengah. Masyarakat di sana pun sangat menghargai budaya dan tradisi ini. Sehingga penerapannya terus berlangsung hingga sekarang. Masyarakat kita memang terkenal sangat menghargai dan memelihara budaya dengan baik.

Meskipun perkembangan situasi dan kondisi masa kini turut mengiringi keberadaan rumah adat Tajug, namun desain dan filosofi rumah adat ini tetap lestari. Lima rumah adat di atas hanya sebagian dari sekian banyak rumah adat yang ada di Indonesia.

Dengan sedikit saja pengetahuan kita dapat menemukan berbagai macam keunikan dan ciri khas rumah adat kita. Apalagi jika kita terus memperkaya pengetahuan tentang budaya. Hal itu juga dapat menumbuhkan kecintaan kita pada budaya dengan segala keunikan dan nilai-nilainya.

Tiap masyarakat memiliki cara tersendiri dalam melestarikan peninggalan budaya dan tradisi di wilayahnya. Seperti masyarakat Jawa Tengah yang hingga kini masih lekat dengan penggunaan arsitektur rumah tradisional yang berasal dari budaya masa lalu di sana.

Mulai dari rumah Joglo yang paling banyak dikenal, hingga rumah adat Tajug yang mungkin baru sekarang kita pahami karakteristik khususnya. Serta tak kalah menarik pula dengan rumah adat lain dimana rumah ini dianggap sebagai rumah yang suci sehingga dipergunakan sebagai tempat untuk beribadah.

Sedikit kita ulas kembali, bahwa setiap rumah adat memiliki perbedaan begitu pula dalam hal penggunaannya. Menariknya, jenis rumah adat juga dapat menggambarkan strata sosial pemiliknya. Namun, mari kita pahami dalam definisi yang tidak mengotak-ngotakkan tingkat sosial seseorang.

Jika dipahami lebih dalam, rumah tak hanya sebagai tempat tinggal yang dapat menghindarkan kita dari berbagai macam bahaya atau sebatas tempat berteduh dari terik dan hujan semata. Melainkan harus dijaga dan dirawat. Berikut dengan segala nilai baik yang terkandung di dalamnya.

Termasuk filosofi yang dipercaya masyarakat berbudaya kita. Terutama oleh kaum muda, akan sangat baik jika memperbanyak wawasan tentang berbagai macam rumah adat di tempat asal. Memahami filosofinya, mengerti nilai yang terkandung di dalamnya, bahkan hingga asal usul budaya tersebut ada.

Karena setiap budaya atau tradisi dari satu jenis rumah adat saja, bisa memiliki sekian cerita menarik dan mengandung nilai-nilai tertentu. Dengan memperkaya wawasan, rasa cinta terhadap budaya dan pengetahuan akan semakin tinggi.

Sehingga tingkat penghargaan kita pada segala macam peninggalan orang-orang dari masa lalu dapat menjadi pembelajaran berharga bagi kita. dan penjelasan rumah adat jawa tengah bermanfaat untuk pembaca sekalian.

5+ Rumah Adat Jawa Tengah : Sejarah, Gambar dan Penjelasannya

10+ Jenis Pakaian Adat Betawi untuk Pria dan Wanita

Pakaian Adat Betawi – Terdapat beberapa kontroversi yang menyebutkan bahwa Betawi bukanlah suku adat asli dari Jakarta. Terlepas dari itu semua, kebudayaan serta adat istiadat suku Betawi sangat lekat dengan keberadaan masyarakat Jakarta itu sendiri. Bahkan, budaya Betawi sudah menjadi ikon bagi budaya Daerah Ibu Kota ini.

Beberapa hasil kebudayaan Betawi contohnya adalah gambang kromong, kerak telor, dan juga ondel-ondel. Salah satu identitas dari kebudayaan yang tidak luput dari perhatian adalah adanya pakaian adat Betawi.

Seperti daerah lain di seluruh Indonesia, Betawi juga memiliki fashion khusus yang sudah ada sejak berabad lalu. Pakaian ini sangat khas dan tidak bisa ditemukan di daerah lainnya.

Ada beberapa jenis pakaian adat Betawi yang sangat khas. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung Anda lihat di bawah ini.

Pakaian Adat Betawi untuk Pria

www.sumber.com

Pakaian adat yang dikenakan oleh pria tentu saja berbeda dengan wanita. Nah, apa saja pakaian bagi pria yang berasal dari Betawi? Ini dia ulasannya!

Celana Batik

Celana Batik

Pakaian adat Betawi bagi pria yang pertama adalah celana batik. Tidak seperti celana yang formal, melainkan hanya celana kolor atau celana dengan karet pada bagian pinggangnya.

Celana batik khas Betawi ini memiliki panjang hingga di bawah lutut. Sedangkan motif batiknya biasanya lebih sederhana dengan warna yang lebih cenderung natural. Biasanya, warna yang kerap dipilih adalah cokelat, hitam, ataupun putih.

Baju Koko

satujam.com

Pernah melihat Abang Jakarta di televisi yang menggunakan baju tradisional yang mirip dengan koko? Nah, di Jakarta, baju ini dikenal dengan nama sadariah. Pakaian ini khas dari Betawi yang bersifat lebih formal. Modelnya hampir sama dengan baju koko, hanya saja memiliki satu corak warna atau polos. Baju ini juga tidak memiliki motif.

Selendang

Selendang

Pakaian adat Betawi yang selanjutnya adalah selendang. Selendang ini berbeda dengan selendang kain yang kerap digunakan oleh kaum hawa. Selendang ini digunakan oleh para pria untuk diletakkan pada pundak atau dikalungkan pada leher.

Selendang ini biasa disebut dengan sorban. Kalau Anda pernah melihat lenong di televisi, pastinya sangat familiar dengan atribut ini.

Pakaian Adat Betawi untuk Sehari-Hari

moondoggiesmusic.com

Kaum pria Betawi memiliki baju yang dipakai untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Pakaian ini terdiri dari baju sadariah serta celana komprang yang memiliki ukuran tanggung.

Lantas, pada bagian bawah tubuh ditambahkan pula sarung yang digulung atau dikaitkan pada pinggang. Setelah itu, penampilan dilengkapi dengan sabuk berwarna hijau. Tak luput juga dikenakan peci berwarna merah pada kepala.

Nah, jika Anda melihat pria yang menggunakan pakaian tersebut, maka pastinya sudah bisa menebak jika orang tersebut adalah orang Betawi asli. Pakaian ini biasa digunakan dalam keseharian. Pakaian ini menjadi ciri khusus bagi kebudayaan Betawi yang diwariskan oleh nenek moyang.

Aksesoris Pakaian Adat Betawi Pria: Peci dan Kopyah

budayajawa.id

Kopyah memang identik dengan pemeluk agama Islam. Namun, sebenarnya, penggunaannya bisa lebih menyeluruh dan dapat dikenakan oleh siapa saja. Bagi masyarakat Betawi sendiri, penggunaan kopyah sudah menjadi adat dan ciri khas tersendiri yang mana kerap digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Umumnya, kopyah ini berwarna hitam. Namun, beberapa orang juga menggunakan kopyah berwarna merah yang terbuat dari bahan beludru.

Pakaian Adat Betawi untuk Pengantin Pria

pakaian adat betawi

Sebagian besar warga Indonesia masih mempertahankan pakaian adat untuk melakukan upacara perkawinan. Termasuk juga bagi pengantin yang berasal dari Betawi. Pakaian adat Betawi merupakan hasil akulturasi dari beberapa kebudayaan. Diantaranya dari Melayu, Tionghoa, serta Arab.

Pakaian adat pengantin pria Betawi kerap disebut sebagai dandanan care haji. Yang mana pakaiannya terdiri atas jubah panjang dan penutup kepala berwarna merah.

Ada dua bagian dari jubah yang terdiri atas bagian luar yang terbuat dari kain beludru serta bagian dalam yang terdiri dari kain halus berwarna putih. Pada penutup kepala, digunakan sorban yang disebut dengan Alpie. Supaya terlihat lebih serasi, maka alas kaki yang digunakan adalah sepatu pantofel.

Pakaian Adat Betawi untuk Wanita

www.romadecade.org

Para wanita Betawi juga memiliki jenis pakaian adat tersendiri yang terdiri dari:

Baju Kurung

baju kurung

Pakaian adat Betawi yang pertama adalah sebuah baju kurung yang dipakai untuk wanita. Biasanya, baju kurung ini digunakan dalam keseharian wanita Betawi. Model lengannya pendek dengan warna terang nan mencolok.

Meski begitu, saat ini, desainer mengembangkannya dengan warna-warna yang lebih beragam dan kalem. Beberapa desainer juga menambahkan desain saku pada bagian depan baju. Sehingga, para wanita lebih mudah untuk menyimpan barang yang kecil di sakunya.

Kain Sarung Batik

pakaian adat betawi

Selanjutnya, ada kain sarung batik untuk wanita. Kain sarung ini digunakan untuk menutup bagian bawah tubuh. Tak jarang juga digunakan untuk menutup kepala. Tak berbeda dengan baju kurung, warna-warna kain sarung batik cenderung cerah dengan motif geometri. Ketika dipakai, pemilihan warna tentu saja disesuaikan dengan warna dari baju kurung yang digunakan.

Kerudung

Kerudung

Selain memakai kain sarung batik, pelengkap dari penggunaan pakaian adat Betawi adalah kerudung pada bagian kepala. Biasanya, kerudung yang digunakan berbentuk selendang. Warna kerudung yang digunakan menyesuaikan dengan baju kurungnya.

Pakaian Adat Betawi untuk Pengantin

pakaian adat betawi

Pengantin wanita Betawi akan menggunakan pakaian adat yang bernama Rias Besar Dandanan Care None Pengantin Cine. Pakaian ini terdiri atas blus bergaya Cina dengan bahan satin yang berwarna cerah. Dipadukan dengan rok panjang yang bermodel duyung. Rok ini disebut juga dengan Kun.

Biasanya, warna-warna yang dipilih untuk pengantin wanita adalah hitam atau merah. Pada bagian kepala terpasang kembang goyang yang lengkap dengan penutup wajah. Perhiasan juga disematkan pada beberapa bagian tubuh wanita.

Contoh perhiasan pengantin adalah gelang listing, sanggul dengan bunga melati, kalung yang lebar, dan sebagainya. Bunga melati pada sanggul akan dibentuk sedemikian rupa sehingga mirip dengan sisir atau ronjee. Alas kaki yang digunakan berbentuk selop yang memiliki model mirip perahu.

Pakaian Adat Betawi untuk Para Bangsawan

silanesia.com

Bangsawan Betawi memiliki beberapa jenis baju yang digunakan dalam prosesi upacara adat. Masyarakat Betawi kerap menyebutnya dengan baju ujung serong. Zaman dahulu, pakaian ini hanya diperuntukkan bagi para demang.

Nah, sekarang, pakaian ini kerap digunakan oleh PNS (Pegawai Negeri Sipil) Pemerintah DKI Jakarta. Sebab, diwajibkan bagi para PNS mengenakannya. Pakaian adat ini hanya dikenakan oleh kaum pria.

Tradisi Pernikahan Adat Betawi

uzone.id

Untuk memperkaya khazanah pengetahuan akan tradisi Betawi, maka sebaiknya, Anda juga menyimak mengenai tradisi pernikahan adat Betawi berikut ini.

  • Ngedelengin

Istilah untuk masa perkenalan sebelum menikah bagi adat Betawi disebut dengan ngedelengin. Secara harfiah, makna ngedelengin adalah melihat dengan saksama. Apabila kedua keluarga merasa cocok, maka akan ditunjuk dua orang dari pihak keluarga laki-laki yang berperan sebagai mak comblang.

Biasanya, mak comblang bisa dari encang atau encing (paman atau bibi). Mak comblang akan menggantungkan ikan bandengan di rumah pihak perempuan sebagai tanda bahwa anak gadis ini telah ada yang naksir. Pada saat itu, mak comblang akan menjadi juru bicara tentang kapan lamaran akan dilaksanakan dan apa saja yang akan dibawa.

  • Ngelamar

Setelah prosesi ngedelengin berjalan lancar, maka tahap selanjutnya adalah prosesi melamar. Budaya yang masih orisinil mengutus anggota dekat untuk melamar, bukan orang tua. Utusan adalah mak comblang dan wakil keluarga ayah dan ibu yang berjumlah 6 orang totalnya.

Pelamar harus membawa bawaan wajib untuk menghormati pihak keluarga wanita. Barang yang dibawa meliputi sirih embun, roti tawar, dua sisir pisang raja, uang sembah, dan lain-lain.

  • Bawa Tande Putus

Acara ini hampir sama dengan pertunangan. Prosesi ini dilakukan seminggu setelah acara melamar dilaksanakan. Sebagai simbolis, orang Betawi akan memberi tande putus dengan cincin iris rotan, uang seserahan, serta beragam kue.

Pada saat inilah, dibicarakan lebih lanjut mengenai tanggal pernikahan. Mas kawin, uang belanja, kekudung, dan berapa lama pesta akan dilakukan, dan sebagainya.

  • Masa Dipiare

Masa ini dimaksudkan untuk mengontrol kegiatan, memelihara kecantikan calon mempelai, serta menjaga kesehatannya. Selain berupa perawatan fisik, ada juga program diet yang harus dilakukan. Menurut budaya asli, masa dipiare dilakukan selama sebulan. Namun, saat ini, kegiatan hanya dilakukan dalam waktu satu hingga dua hari menjelang pernikahan.

  • Siraman

Acara ini adalah memandikan calon none mantu yang dilakukan sehari sebelum akad nikah. Selanjutnya dilakukan juga tangas atau kum yakni mandi uap yang bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa lulur. Lantas, ada juga ngerik dan potong centung untuk membersihkan bulu kalong dari calon pengantin. Terakhir, malam pacar yakni mempelai memerahkan kuku kaki dan tangan dengan pacar.

  1. Malam Mangkat yang kerap disebut dengan midodareni.
  2. Ngerudat

Mempelai laki-laki berangkat ke rumah mempelai wanita dengan membawa rombongan dan seserahan.

Itulah pembahasan mengenai pakaian adat Betawi baik bagi wanita maupun pria. Semoga ulasan tersebut bisa menambah wawasan Anda. jika aday ang di tanyakan mengenai jenis pakaian adat betawi silahkan tulis di komentar.

10+ Jenis Pakaian Adat Betawi untuk Pria dan Wanita

Sejarah Bola Voli : Pencipta, Peraturan, dan Teknik Bermainnya

Sejarah Bola Voli – Siapa yang tidak tahu mengenai olahraga bola voli? Semua orang pasti mengetahuinya. Olahraga ini kerap menjadi ajaran wajib di banyak sekolah SD, SMP maupun SMA. Selain diajarkan di sekolah, masyarakat pada umumnya juga menggemari permainan bola satu ini. Tak ayal, banyak pertandingan bola voli yang dilakukan mulai dari lingkungan desa, komplek, sekolah, dan lainnya.

Tidak sampai di situ, olahraga bola voli yang telah mendapatkan hati di masyarakat semakin terkenal karena adanya kejuaraan nasional. Banyak atlet kita yang meraih berbagai medali emas, perak maupun perunggu di kompetisi permainan bola voli, dari mulai booming-nya permainan bola voli sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

Itu semua berkat adanya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia atau yang biasa disingkat dengan PBVSI. PBVSI sendiri memiliki induk yang dinamakan Federation Internationale de Volleyball, atau bisa disebut dengan FIVB. FIVB ini adalah merupakan pusat dari seluruh persatuan bola voli di berbagai penjuru negara di dunia.

Bola Voli memang permainan yang mengasyikkan. Permainan ini mampu merekatkan hubungan persaudaraan antar pemain.

Selain itu, olahraga ini menggerakkan seluruh badan kita secara aktif, sehingga banyak keringat sehat yang keluar. Itu sebabnya olahraga ini termasuk olahraga yang paling digemari.

Permainan bola voli cukup simpel dan mudah dimengerti. Dimainkan oleh dua tim yang tiap timnya berisi enam orang pemain inti dan beberapa anggota cadangan, jadi di lapangan terdapat dua belas pemain. Namun lain halnya dengan bola voli pantai, di mana satu tim hanya terdapat dua anggota.

Jadi untuk bola voli pantai terdapat empat orang di satu lapangan. Jika Anda adalah salah satu penggemar bola voli, maka artikel kali ini sayang untuk Anda lewatkan. Sudah semestinya Anda memahami sejarah permainan bola voli apabila anda menyukai olahraga ini.

Meskipun bukan atlet, bukan berarti Anda boleh melewatkan sejarah. Bukan hal yang salah jika Anda membaca sejarah permainan bola voli sebagai pengetahuan umum dan menambah wawasan. Di sini, kami akan membahas tentang sejarah asal muasalnya permainan bola voli.

Mulai dari awal terbentuknya permainan, bagaimana bisa menjadi permainan bola voli seutuhnya, hingga sejarah secara internasional maupun nasional.

Sudah mulai penasaran bagaimanakah awal dari permainan bola voli ini? Yuk disimak baik-baik artikel berikut, dan kalau perlu Anda bisa mencatat poin-poin pokok yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Awal Mula Permainan Bola Voli Adalah Mintonette

satujam.com

Bagi yang belum tahu, mungkin fakta ini akan sedikit mengejutkan Anda. Permainan bola voli sebenarnya adalah kompilasi atau kumpulan dari berbagai olahraga yang sudah ada sejak dulu lho! Terdapat empat permainan besar yang juga memakai bola yang turut membuat permainan bola voli ini.

Keempat permainan bola besar tersebut terdiri atas bola basket, baseball, bola tangan atau yang biasa disebut dengan handball dan yang terakhir adalah tennis. Dengan sedemikian rupa, keempat olahraga tersebut digabungkan menjadi satu. Dan jadilah sebuah permainan baru yang sekarang dikenal dengan nama permainan bola voli.

Ya, baru jaman sekarang saja permainan bola voli disebut dengan nama bola voli. Lho? Lantas, dulu disebut apa? Dulu, permainan ini disebut dengan Mintonette. Nama ini ditentukan oleh sang pembuat cabang olahraga bola voli, yaitu William G. Morgan.

Siapa itu William G. Morgan?

www.indiatoday.in

Siapa itu William G. Morgan dan kenapa beliau bisa mempunyai sebuah ide untuk menggabungkan beberapa olahraga menjadi permainan bola voli? William G. Morgan ternyata memang bekerja di bidang yang berhubungan dengan olahraga, sehingga beliau bisa memiliki aspirasi seperti itu.

Lahir pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942 di Amerika Serikat, William G. Morgan menyukai hal-hal yang berbau olahraga. Beliau menghabiskan hidupnya untuk bekerja sebagai seorang pelatih atau instruktur pendidikan jasmani. Jelasnya, beliau bekerja sebagai Director of Physical Education di YMCA.

Hari bersejarah di mana William G. Morgan menciptakan permainan olahraga Mintonette ini pada tanggal 9 Februari tahun 1895. Beliau menemukan permainan bola voli ini tepatnya di Holyoke, Massachusetts, Amerika Serikat.

Apa itu YMCA?

YMCA

Seperti yang kami jelaskan di atas, bahwa William G. Morgan bekerja sebagai pelatih atau instruktur pendidikan jasmani di YMCA, mungkin ada dari Anda yang bertanya-tanya tentang YMCA. Apa itu YMCA?

YMCA, atau kepanjangan dari Young Men Christian Association bukanlah sebuah sekumpulan orang Kristen biasa seperti yang dikira banyak orang. Sejatinya, YMCA adalah merupakan organisasi sah yang tujuan utamanya adalah menyebarkan ajaran Injil kepada umat yang beragama Kristen.

Seperti namanya, YMCA membidik khusus ke para pemuda yang berjiwa kuat. YMCA pertama kali dibangun pada tanggal 6 Juni 1884 yang berlokasi di kota London, Inggris. Organisasi ini dibiayai secara prakarsa oleh seorang dermawan yang bernama George William.

Tidak lama, organisasi ini pun berkembang secara pesat di London dan membuatnya terkenal, seiring penyebaran Injil yang semakin meluas. Lambat laun, YMCA tidak hanya memfokuskan pada pengajaran secara teori dan rohani.

Karena organisasi ini bertujuan untuk menarik para pemuda, YMCA berusaha untuk memberikan fasilitas yang baru dan terbaik. Fasilitas-fasilitas tersebut seperti fasilitas penginapan, pendidikan di luar sekolah, dan fasilitas olahraga. Itulah mengapa William G. Morgan bekerja sebagai instruktur di sini.

Inspirasi William G.Morgan Berasal Dari Bola Basket

www.penjasorkes.com

Sampai di sini mungkin Anda berpikir, bagaimana bisa William G. Morgan mempunyai ide cemerlang seperti itu? Ternyata, selain karena lingkungannya yang berhubungan dengan olahraga, William G. Morgan mempunyai sosok besar yang membuat beliau mempunyai inspirasi sampai sejauh ini. Orang tersebut adalah James Naismith.

Siapa itu James Naismith dan mengapa orang seperti William G. Morgan mengaguminya? James Naismith adalah sosok yang menemukan permainan bola basket. James Naismith ini terpaut 9 tahun dengan William G. Morgan, di mana beliau lahir tanggal 6 November 1861. Beliau meninggal dunia pada tanggal 28 November 1939.

Bagaimana William G. Morgan dan James Naismith ini bisa bertemu? Jawabannya ada di pekerjaan. ya, James Naismith ini juga sama-sama bekerja sebagai pelatih atau instruktur pendidikan jasmani di YMCA. Mereka sama-sama berpikir dan tidak berhenti berinovasi untuk anak-anak didik mereka yang belajar di organisasi YMCA.

Pada suatu saat, James Naismith berhasil menciptakan permainan bola basket. Dan selang empat tahun kemudian, William G. Morgan yang terinspirasi dari James Naismith menciptakan permainan Mintonette. Pada saat itu namanya masih Mintonette dan bukan bola voli seperti sekarang, ya, jadi jangan bingung dengan istilahnya.

Sejatinya, permainan bola voli yang diciptakan oleh William G. Morgan ini hanya diperuntukkan bagi anggota YMCA saja. William G. Morgan bermaksud, agar anggota-anggota YMCA yang usianya sudah tidak lagi muda dan kurang produktif bisa masih tetap berolahraga dan menjaga kesehatan mereka.

Karena alasan itulah, permainan bola voli pada awalnya tidak begitu dikenal dan tidak seaktif permainan bola basket. Karena selain hanya untuk anggota usia lanjut, banyak dari anggota YMCA lebih menyukai permainan bola basket karena sudah terbiasa.

Aturan-Aturan Yang Ada Di Dalam Permainan Bola Voli

infopengertian.biz

Yang namanya permainan, sudah pasti ada peraturan yang berlaku. Pun juga dengan permainan bola voli ini, walaupun peraturannya masih terbilang sangat simpel dan tidak sekompleks jaman sekarang. Tentu saja, pembuat aturan permainan bola voli adalah pencetus cabang olahraga itu sendiri, William G. Morgan.

Awalnya, beliau menciptakan sebuah jaring dengan tinggi hampir dua meter. Kemudian jaring tersebut dipasang di tengah lapangan. Lapangan dari permainan bola voli sendiri berukuran 7,6 meter x 15,2 meter persegi. Soal lama durasi dari permainan, William G. Morgan menentukan bahwa setiap pertandingan terdiri dari sembilan sesi, dengan tiga kali servis di tiap tim secara adil.

Istilah Mintonette Menjadi Bola Voli

danayasasoma.blogspot.com

Cabang olahraga yang bernama Mintonette ini akhirnya berubah nama menjadi volleyball pada tahun 1896. Jika dibahasa Indonesiakan, volleyball berarti bola voli. Perubahan nama ini disahkan secara resmi ketika YMCA bagian Training School mengadakan event demonstrasi pertandingan bola voli.

Event tersebut didatangi oleh semua pelatih dan instruktur yang ada di YMCA. Di depan para instruktur, William G. Morgan selaku pencipta dari olahraga ini menjelaskan secara detail apa dan bagaimana cara bermain bola voli ini. Pada waktu itu, beliau juga membawa serta dua tim di mana di setiap timnya terdapat lima orang.

Diakui Di Seluruh Dunia

gaznaz.com

Setelah adanya event tersebut, permainan bola voli semakin dikenal dan pada akhirnya olahraga ini terkenal di seluruh dunia. Tidak hanya itu, dalam aturan permainannya pun terjadi perubahan sedikit demi sedikit. Seperti misalnya, pada tahun 1916 diperkenalkan teknik spike dan smash.

Pada tahun 1947 akhirnya dunia pun mengakui ketenaran olahraga ini, dengan dibentuknya Federasi Internasional Bola Voli atau yang biasa disebut dengan FIVB. Dan pada tahun 1949, mereka menyelenggarakan kompetisi kejuaraan permainan bola voli  untuk pertama kalinya.

Permainan Bola Voli Di Indonesia

www.romadecade.org

Seiring berkembangnya jaman, akhirnya permainan bola voli masuk ke Indonesia pada tahun 1928, pada saat Indonesia masih dijajah oleh sekutu Belanda. Tapi yang membuat sedikit kesal adalah, permainan bola voli ini hanya boleh dimainkan oleh orang-orang Belanda dan para bangsawan saja.

Namun lambat laun, akhirnya permainan ini meluas semenjak didatangkannya para instruktur bola voli langsung dari Belanda. Belanda mendatangkan mereka dengan tujuan melatih para tentara yang ada di Indonesia. Mereka bermain bola voli kebanyakan di ruang tertutup seperti asrama, namun tidak jarang juga di lapangan terbuka. Mereka juga sering berkompetisi satu sama lain.

Bagaimana Terbentuknya PBVSI

PBVSI

Sejak saat itu, permainan bola voli meningkat secara pesat ke seluruh penjuru nusantara. Semakin banyak bermunculan komunitas-komunitas pecinta bola voli yang kemudian menjadi klub bola voli. Hal tersebutlah yang memicu berdirinya Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) pada tanggal 22 Januari 1955.

Setelah didirikan, PBVSI termasuk organisasi yang aktif. PBVSI berupaya untuk terus mendukung dan menyelenggarakan beragam permainan bola voli di kota-kota di Indonesia. Tidak hanya di lokal, PBVSI juga menyelenggarakannya di luar negeri.

Pertandingan Resmi

riuhimaji.com

Perkembangan dari permainan bola voli ini semakin meningkat cepat di Indonesia, khususnya pada saat adanya Asian Games ke IV pada tahun 1962. Tidak hanya itu, ada juga kompetisi Ganefo I di tahun 1963.

Akhirnya, permainan bola voli ini yang awalnya hanya sebagai hiburan saja, secara resmi dibuat kompetisi di Indonesia. Tepatnya pada tahun 1951, permainan bola voli naik derajat sebagai pertandingan resmi di Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.

Itulah tadi sejarah dari permainan bola voli, mulai dari bagaimana terbentuknya bola voli hingga maraknya permainan ini sampai sekarang. Permainan bola voli memang tidak ada matinya karena sebagai cabang olahraga, permainan ini akan terus berkembang. Semoga dengan penjelasan dari sejarah bola voli ini membuat wawasan Anda menjadi lebih luas. jika ada yang di tanyakan mengenai sejarah bola volly silahkan tulis di komentar.

Sejarah Bola Voli : Pencipta, Peraturan, dan Teknik Bermainnya

29+ Jenis-Jenis Kucing yang Tersebar di Seluruh Dunia

Jenis-Jenis Kucing – Jangan Mengaku Sebagai Ailurophile, Jika Anda tidak Kenal Jenis-Jenis Kucing Berikut Ini!

Ailurophile merupakan sebutan bagi mereka yang mengaku pecinta kucing. Kucing merupakan salah satu jenis binatang yang banyak disukai. Bagaimana tidak? Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan selalu membuat jatuh hati siapa saja yang melihatnya. Termasuk Anda bukan?

Selain menjadi hewan peliharaan, terkadang kucing bisa menjadi seorang teman. Tidak pernah mengeluh saat mendengar keluh kesah. Dan setia menemani Anda setiap saat. Sehingga tidak mengherankan jika banyak yang menganggap kucing sebagai bagian dari anggota keluarga di rumah.

Ada banyak jenis-jenis kucing di dunia. Masing-masing memiliki ciri khusus yang istimewa. Menurut data dari International Federation for Animal Health Europe, setidaknya terdapat 220 juta jenis kucing dengan berbagai ras.

Jenis-jenis Kucing

Nah untuk lebih mengetahui bagaimana detailnya, yuk simak ulasan tentang jenis-jenis kucing berikut ini! Check it out!

Kucing Snowshoe

www.catlover.id

Salah satu jenis kucing yang cukup populer adalah Snowshoe. Atau yang biasa dikenal dengan sebutan kucing sepatu salju. Kucing ini dinamakan snowshoe karena memiliki bulu yang berwarna putih, sementara bagian kakinya berwarna gelap.

Kucing ini termasuk ke dalam jenis-jenis kucing berbulu pendek, halus. Ada yang berwarna purple, cokleat, biru dan lain sebagainya. Sebenarnya kucing yang satu ini termasuk kucing langka serta memiliki sifat gen yang resesif.

Kucing Rex Devon

thegorbalsla.com

Jenis-jenis kucing selanjutnya adalah jenis kucing rex devon. Jenis kucing ini berasal dari Eropa tepatnya adalah Inggris. Kucing yang satu ini memiliki bulu pendek, bertekstur lembut serta keriting. Bulu rex devon menjadi kering merupakan akibat dari mutasi genetik.

Tidak seperti kucing yang lainnya yang memiliki kumis kucing yang panjang, kucing ini ada beberapa yang memiliki kumis yang sangat pendek. Kucing ini sering juga dikenal dengan sebutan kucing peri atau kucing alien. Nama tersebut diberikan karena memiliki penampakan seperti alien pada beberapa film hollywood yang memiliki bentuk telinga yang besar dan bulat.

Kucing Ragamuffin

www.rimma.co

Ragamuffin merupakan jenis kucing dari keturunan Ragdoll. Secara sepintas, kucing ini memiliki penampakan yang sama dengan indukannya. Hanya saja yang membedakan adalah ukuran tubuhnya yang sedang.

Kucing ini memiliki bulu yang panjang, lebat dan halus serta tidak mudah kusut, sehingga akan terlihat imut dan lucu. Selain itu, kucing ini juga memiliki pipi berbulu dengan bentuk mata yang imut seperti buah kenari. Menarik bukan?

Kucing Lykoi

Kucing Lykoi

Kucing Lykoi ini juga sering dikenal sebagai kucing serigala. Pasalnya secara sekilas kucing ini memiliki penampakan yang hampir sama dengan serigala. Kucing ini merupakan kucing domestik yang berasal dari Amerika Serikat, akan tetapi mengalami mutasi genetik sehingga membuat dirinya menjadi seperti serigala.

Ciri khas yang dimiliki jenis kucing ini adalah tidak memiliki bulu pada sekitar mata, hidung, moncong serta telinga. Biasanya memiliki warna hitam. Kucing ini terkenal memiliki pergerakan yang elastis dan sangat lincah sehingga pandai berburu.

Kucing Singapura

thegorbalsla.com

Jika sebelumnya membahas jenis kucing asal Amerika Serikat, kali ini adalah jenis-jenis kucing yang berasal dari negeri tetangga. Mana lagi jika bukan Singapura. Jenis kucing yang satu ini merupakan jenis kucing domestik Singapura.

Ciri khusus yang dimiliki oleh jenis kucing yang satu ini antara lain adalah memiliki warna sepia agouti, memiliki pola bintik-bintik, memiliki bulu pendek yang halus. Karena bentuknya yang menarik, tidak mengherankan jika jenis kucing ini dijadikan maskot pariwisata di Singapura. Menarik bukan? apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Kucing Bengal

kucingpedia.org

Berbicara jenis kucing yang satu ini sekilas hampir mirip seperti macan. Hal ini sangat beralasan karena kucing ini memiliki ukuran yang cukup besar, yakni mencapai 10 kg untuk ukuran jantan dewasa dengan tubuh atletisnya. Kucing ini memiliki pola spotted wild cat.

Si Bengal ini memiliki sifat ras yang menyukai air. Bahkan kucing yang satu ini dikenal sangat cerdas dan aktif. Ras bengal ini sebenarnya merupakan hasil perkawinan antara kucing asian leopard dengan american shorthair, yang kemudian anak yang betina dikawinkan dengan indukannya lagi.

Kucing Russian Blue

Jenis Kucing Russian Blue

Siapa sih yang tidak gemas melihat kucing yang satu ini? Kucing yang memiliki warna abu-abu kebiruan ini merupakan jenis-jenis kucing Russian Blue. Russian Blue memiliki jenis bulu yang pendek dengan warna yang sedikit mengkilap.

Russian blue sering kali dijadikan indukan untuk bisa menciptakan jenis ras lainnya. Kucing ini memiliki sifat yang pemalu, ramah, sensitif dan cerdas. Hal ini ditunjukkan dengan sifat ingin tahu yang tinggi.

Kucing Britania

Kucing Britania

Jenis-jenis kucing bulu pendek yang lainnya adalah jenis kucing Britania. Jenis kucing Britania ini merupakan jenis ras kucing tertua yang ada di Rusia. Dinamakan kucing Britania karena kucing ini awalnya dibawa oleh bangsa Britania saat menjajah Romawi.

Ras kucing yang satu ini memiliki bulu yang pendek dengan warna keabu-abuan. Kucing ini sering kali dikawinkan dengan jenis kucing Persia agar bisa menghasilkan berbagai kucing bulu pendek dengan berbagai warna. Kucing ini merupakan ikon dari nama produk makanan kucing “Whiskas”.

Kucing Persia

Kucing Persia

Untuk jenis kucing yang satu ini sudah tidak asing bukan? di Indonesia sudah banyak yang memeliharanya. Kucing yang memiliki wajah bulat dan moncong pesek ini berasal dari Persia, Iran.

Umumnya kucing ini memiliki ukuran tubuh yang besar, gemuk dan berhidung pesek. Namun seiring perkembangan zaman, kucing ini banyak dikawinkan silang untuk bisa menghasilkan jenis ras lainnya agar lebih  berwarna dengan ciri khas hidung pesek yang masih setia.

Kucing Sphynx

Jenis Kucing Sphynx

Bagi Anda penggemar comica Raditya Dika, tentu sudah mengenal jenis kucing yang satu ini. Komika yang satu ini memiliki jenis kucing sphynx. Kucing ini berasal dari Kanada merupakan kucing hasil rekayasa genetika dari jenis kucing tanpa bulu.

Seluruh tubuh sphynx dari kepala, tubuh hingga ujung kaki semuanya tampak botak tak berbulu. Hanya terdapat beberapa bulu yang sangat pendek pada bagian kaki, telinga, leher dan dekat organ kelamin. Nama Sphynx ini diambil dari nama patung yang ada di Mesir.

Kucing Siam

Kucing Siam

Kucing siam atau kucing Thailand merupakan jenis kucing oriental pertama yang ada di Thailand. Ras kucing ini memiliki jenis bulu yang pendek dengan ciri khas corak panda pada bagian kaki, wajah dan ekornya. Kucing ini termasuk salah satu kucing paling dicari dan sangat populer di dunia.

Ciri khas lainnya yang dimiliki oleh kucing yang satu ini adalah memiliki bola mata yang berwarna biru dengan bentuk tubuh yang ramping dan memiliki ekor yang panjang. Selain itu, wajahnya berbentuk seperti buah apel dengan segitiga sehingga terlihat imut dan menggemaskan.

Kucing Telinga Lipat Skotlandia

id.wikipedia.org

Jenis-jenis kucing selanjutnya berasal dari Skotlandia. Kucing skotlandia memiliki ciri khas dengan bentuk telinga yang terlipat. Kucing yang satu ini merupakan jenis kucing yang ramah dan bersahabat sehingga banyak disukai orang.

Ciri khas yang dimiliki dari kucing ini selain bentuk telinga yang terlipat adalah memiliki hidung yang pesek, kaki dan leher yang pendek serta kepala dan bentuk mata yang bulat. Sangat menarik bukan? apakah Anda tertarik untuk memeliharanya?

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon merupakan jenis kucing berukuran besar. Kucing ini berasal dari Maine, Amerika Serikat. Kucing ini bisa tumbuh besar hingga 1 meter. Kucing ini diyakini sebagai keturunan rakun dengan sifat yang sedikit liar. Bentuk mukanya pun hampir mirip seperti rakun.

Maine coon memiliki bulu yang panjang dan lebat serta sangat halus. Terlebih pada area leher dan juga ekornya. Bahkan jika dilihat sepintas, kucing ini hampir terlihat seperti singa.

Kucing Ragdoll

Jenis Kucing Ragdoll

Jenis-jenis kucing besar lainnya adalah jenis kucing ragdoll yang berasal dari Amerika Serikat kucing ini dikembangbiakkan oleh seorang bernama Ann Baker. Ciri yang dimiliki dari kucing ragdoll adalah bentuk tubuh dengan dada yang besar serta panggul yang lebar.

Kucing Ragdoll ini merupakan keturunan dari ras Burmese,man dan Persia. Bulu-bulu yang dimilikinya sangat lembut seperti kelinci. Kucing ini cukup banyak memiliki banyak varian, diantaranya dengan pola bicolor, mitted dan vandan tortie, lynx, solid.

Kucing Chartreux

kucinggue.blogspot.com

Jenis kucing kali ini berasal dari Perancis. Kucing yang satu ini memiliki hampir sama dengan jenis kucing asal Britania yang memiliki bulu yang pendek. Kucing ini termasuk ke dalam jenis-jenis kucing yang memiliki ukuran tubuh yang besar.

Tubuhnya diselimuti dengan bulu yang tebal dengan warna yang keabu-abuan. Chartreux ini termasuk ke dalam jenis kucing yang pandai berburu. Akan tetapi kucing ini sangat ramah dan tidak agresif. Hal ini didukung dengan bentuk rahangnya yang membentuk wajahnya untuk selalu terlihat tersenyum. Bahkan kucing ini termasuk yang disukai oleh anak-anak.

Kucing Abisinia

Kucing Abisinia

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya ada ratusan jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia dengan berbagai ras. Salah satu diantaranya adalah kucing Abisinia. Jenis kucing ini termasuk sebagai ras tertua dari jenis kucing berbulu pendek.

Kucing ini memiliki bentuk yang unik, bahkan hampir mirip dengan bentuk patung kucing yang ada di Mesir sebagai peninggalan sejarah kuno. Kucing Abisinia ini memiliki tangan dan kaki yang panjang, serta telinga dan moncong yang berbentuk segitiga dengan bentuk mata seperti almond.

Sementara bentuk ekornya panjang dan meruncing. Untuk warna bulunya memiliki bulu yang berwarna kecoklatan dengan beberapa pola agouti berbintik. Sangat menarik bukan?

Kucing Birma

Kucing Birma

Kucing yang satu ini berasal dari perancis. Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, sekitar 4 hingga 6 kg. kucing yang satu ini sangat lekat dengan legenda kuil Lao-Tsun. Dimana ketika kucing ini meninggal maka akan ada arwah dari seorang pendeta yang menemaninya dan dianggap sebagai salah satu hewan yang dimuliakan.

Kucing ini memiliki ciri khas dengan warna bulu putih keemasan dan mata yang berwarna biru. Sementara untuk warna ekor, telinga, muka dan kaki cenderung berwarna gelap. Kecuali pada bagian cakarnya yang memiliki warna putih.

Kucing Hutan Norwegia

thrgorbalsla.com

Jenis kucing selanjutnya adalah jenis kucing berbulu panjang. Kucing ini merupakan ras alami yang berasal dari hutan di Norwegia. Kucing yang satu ini memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik, terlebih pada perubahan musim.

Apabila musim dingin tiba, maka bulu-bulu yang dimiliki akan memanjang dan menebal. Sedangkan ketika musim kemarau tiba, maka bulu-bulunya akan menipis dan rontok. Kucing hutan ini memiliki cakar yang kuat sehingga sangat pandai dalam memanjat pohon.

Kucing Sabana

Kucing Sabana

Kucing sabana atau yang juga dikenal dengan nama kucing savannah ini merupakan hasil hibrida dari ras kucing bengal dengan kucing afrika, siam dan mau Mesir.

Kucing ini berasal dari amerika Serikat. Bahkan termasuk salah satu jenis kucing terpanjang di dunia. Karena kucing ini mampu tumbuh hingga panjang tubuhnya mencapai 44 centimeter.

Kucing ini termasuk ke dalam jenis kucing liar yang buas. Akan tetapi sebenarnya kucing ini sangat ramah, setia dan cerdas. Warna bulunya memiliki corak totol seperti macan. Keistimewaan lainnya dari kucing ini adalah kucing ini pandai bersosialisasi.

Kucing Telinga Ikal Asal Amerika

Kucing Telinga Ikal Asal Amerika

Satu lagi jenis kucing yang berasal dari Amerika. Kali ini, jenis kucing yang memiliki ciri khas dengan telinga ikal.  Kucing ini berasal dari Amerika Serikat tepatnya dari California. Telinga ikalnya merupakan bentuk genetik alami.

Kucing ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni kucing telinga ikal dengan bulu pendek dan telinga ikal dengan bulu yang panjang. Ukuran standar dari kucing ini sekitar 2,2 hingga 4,5 kilogram. Ciri khas telinga melengkung atau ikal ini biasanya baru akan dikenali setelah 10 hari setelah hari kelahiran.

Kucing Laperm

thegorbalsla.com

Jenis-jenis kucing selanjutnya merupakan jenis kucing laperm. Jenis kucing ini memiliki bulu yang keriting pada seluruh bagian tubuhnya. Sebenarnya ini merupakan masalah mutasi genetik.

Meskipun demikian, kucing ini terlihat lucu dengan bulu-bulunya yang keriting menyelimuti semua bagian tubuh, bahkan pada area leher dan perut bulunya sangat tebal. Kucing ini dikenal sangat aktif, dan senang diajak bepergian.

Kucing Nebelung

thegorbalsla.com

Mungkin Anda masih cukup asing dengan jenis kucing yang satu ini. Kucing ini memiliki nama kucing Nebelung. Kucing ini berasal dari Jerman. Nama nebelung didapat dari bahasa Jerman “neber” yang memiliki arti kabut.

Hal ini disematkan karena kucing ini memiliki warna bulu abu-abu kebiruan yang tampak perak seperti kabut dari kejauhan.

Kucing ini sebenarnya hampir mirip dengan jenis kucing russian blue. Ukuran tubuhnya sedang dengan badan yang berotot dan kuat. Ekornya panjang dan mengembang. Sementara bentuk telinganya adalah segitiga.

 Kucing Rex Cornish

Kucing Rex Cornish

Kucing Rex cornish merupakan jenis kucing yang memiliki bentuk yang sangat unik. Berbeda dengan jenis kucing pada umumnya, kucing ini memiliki bulu keriting dengan ukuran yang sangat pendek. Kucing ini pertama kali ditemukan di Inggris pada tahun 1950-an.

Rex cornish memiliki bulu yang demikian karena hasil mutasi genetik yang didapat dari nenek moyangnya dari bulu yang keriting. Namun setelah jenis kucing ini dikawinkan dengan ras kucing siam warna menjadi semakin beragam. Yang lebih membahagiakan dari kucing ini adalah, bulu-bulunya tidak menyebabkan alergi.

Kucing Toyger

Jenis Kucing Toyger

Dari nama yang dimiliki tentunya Anda sudah bisa membayangkan bukan bagaimana bentuk dari kucing yang satu ini. Dinamakan kucing Toyger karena memiliki bentuk seperti harimau atau tiger. Namun karena kucing ini bisa diajak bermain maka diambilah kata toy yang berarti mainan.

Toyger merupakan jenis kucing domestik yang memiliki bulu yang pendek yang berasal dari ras kucing bengal.  Bulu-bulunya berwarna cokelat dengan corak seperti harimau. Kucing ini memiliki sifat yang cerdas, ramah dan interaktif.

Kucing Anggora Turki

Jenis Kucing Anggora Turki

Jenis-jenis kucing selanjutnya adalah jenis kucing anggora dari Turki. Kucing yang satu ini cukup terkenal di Indonesia. Banyak orang Indonesia mengadopsinya untuk dipelihara. Hal ini mengingat karena kucing ini ramah dan cantik.

Kucing ini juga dikenal dengan sebutan kucing anggora yang tergolong sebagai ras domestik yang tertua di dunia. Kucing ini terkenal memiliki bulu yang tebal dan lebat. Tubuhnya ramping dengan bentuk kepalanya segitiga serta hidung yang mancung.

Kucing Chausie

Jenis Kucing Chausie

Sekilas kucing ini terlihat kucing rumahan biasa atau kucing kampung. Namun bagi ailurophile tentunya bisa membedakan jika kucing ini merupakan jenis kucing chausie. Kucing ini adalah ras kucing hasil hibrida dari kucing hutan dan kucing bulu pendek.

Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang panjang, langsing dengan ukuran tubuhnya yang sedang. Kucing ini senang berlari kesana kemari. Ada berbagai varian warna dari jenis kucing Chausie, yaitu perak, cokelat, hitam, tabi hitam dan hitam tutul.

Kucing Bali

Kucing Bali

Memiliki nama kucing Bali bukan berarti kucing ini berasal dari Bali, Indonesia. Melainkan kucing ini berasal dari New York. Dinamakan kucing bali karena memiliki mata yang indah serta geraknya yang gemulai bak penari bali.

Kucing ini merupakan bagian dari ras kucing Siam yang mengalami mutasi genetika sehingga menghasilkan bulu yang lebih panjang jika dibandingkan dengan ras kucing Siam sebelumnya. Kucing ini memiliki tanda khas pada bagian ekor, wajah dan kakinya.

Kucing Himalaya

Jenis Kucing Himalaya

Jenis-jenis kucing selanjutnya adalah ras kucing himalaya. Kucing ini merupakan jenis kucing domestik hasil keturunan dari kucing siam dan kucing persia.

Hasil persilangan tersebut menghasilkan jenis kucing dengan tubuh yang besar dan gemuk seperti kucing Persia. Sedangkan coraknya memiliki warna poin dan mata yang berwarna biru seperti kucing Siam.

Kucing ini juga sering dijadikan sebagai bentuk boneka. Berdasarkan bentuk wajah yang dimiliki, kucing ini dibedakan menjadi dua jenis. Pertama adalah kucing himalaya wajah boneka dan yang kedua ras himalaya dengan wajah datar, bahkan hidungnya sangat pesek. Beberapa corak warna yang dimiliki antara lain adalah Links, tortil dan pola tabi.

Nah itulah sebagian dari jenis-jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing memiliki ciri khusus yang sangat menarik. Jadi, manakah jenis kucing yang menjadi kesukaan Anda? semoga jenis-jenis kucing di atas bisa menjadi rekomendasi anda mencari peliharaan kucing.

29+ Jenis-Jenis Kucing yang Tersebar di Seluruh Dunia

Pengertian Ekologi : Ruang Lingkup, Manfaat, Jenis, Aspek dan Prinsipnya

Pengertian Ekologi – Dalam kehidupan sehari-hari mungkin Anda sering mendengar kata ekologi atau bahkan menggunakan kata tersebut dalam sebuah kalimat. Namun sudah tahukah Anda apa itu ekologi, aspek apa saja yang perlu diperhatikan, manfaatnya bagi kehidupan manusia serta jenis-jenis ekologi yang ada di bumi?

Nah, di bawah ini akan dibahas secara detail apa yang dimaksud dengan ekologi, aspek penting di dalamnya, manfaat ekologi bagi manusia serta jenis-jenisnya. Secara umum, ekologi adalah suatu ilmu yang membahas tentang hubungan timbal balik antara organisme dengan lingkungan hidupnya.

Ada pula yang menerangkan pengertian ekologi yakni suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi makhluk hidup maupun kelompok makhluk hidup dengan lingkungannya. Dengan kata lain, ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas tentang ekosistem makhluk hidup.

Secara etimologis, istilah ‘ekologi’ berasal dari bahasa Yunani yakni ‘oikos’ yang memiliki arti habitat dan ‘logos’ yang memiliki arti ilmu. Jadi secara bahasa, definisi ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan antara sesama makhluk hidup serta organisme dengan lingkungannya.

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekologi Menurut Para Ahli

Selain pengertian ekologi secara umum, beberapa ahli di bawah ini juga menjabarkan pengertian ekologi yang akan membantu Anda memahami lebih dalam apa itu ekologi.

  • C. J. Krebs

Menurut C. J. Krebs (1972), pengertian ekologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang interaksi yang menentukan distribusi dan kelimpahan organisme.

  • Ernst Haeckel

Menurut Ernst Haeckel (1866), pengertian ekologi adalah ilmu pengetahuan komprehensif tentang hubungan organisme terhadap lingkungan hidupnya.

  • E. P. Odum

Menurut E. P. Odum (1963), pengertian ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang struktur dan fungsi alam “The study of The Structure and Function of Nature”.

  • G. Tyler Miller

Menurut G. Tyler Miller (1975), definisi ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lain dan dengan lingkungannya.

  • Charles Elton

Menurut Charles Elton (1927), pengertian ekologi adalah sejarah alam yang sifatnya ilmiah “Scientific Natural History”.

  • C. Elton

Menurut C. Elton, ekologi adalah ilmu yang mengkaji kehidupan alam secara ilmiah atau dapat disingkat ilmu yang mempelajari sejarah alam.

  • Resosoedarmo

Menurut Resosoedarmo pengertian ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.

  • Otto Soemarwoto

Menurut Otto Soemarwoto pengertian ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.

  • Andrewartha

Menurut Andrewartha ekologi adalah suatu ilmu yang membahas penyebab dan juga kelimpahan organisme.

Ruang Lingkup Ekologi

www.pelajaran.id

Jika dilihat secara umum, ekologi mempelajari tentang interaksi organisme dengan lingkungan hidupnya. Adapun batasan pokok bahasan atau ruang lingkup ekologi ini adalah sebagai berikut.

  • Individu

Individu ialah satuan organisme dari setiap jenis atau spesies tertentu. Semisal seorang manusia, seekor burung, seekor ikan, seekor singa, seekor buaya dan lain sebagainya.

  • Populasi

Populasi ialah suatu kelompok individu sejenis yang ada di suatu tempat dan waktu tertentu. Semisal populasi manusia, populasi rumput, populasi burung dan lain sebagainya.

  • Komunitas

Komunitas ialah suatu kelompok makhluk hidup yang terdiri dari beberapa populasi dan saling berinteraksi satu sama lain pada sebuah tempat dan waktu tertentu. Semisal komunitas padang rumput yang di dalamnya ada populasi rumput, populasi burung, populasi belalang, populasi ulat, populasi ular dan lain sebagainya.

  • Ekosistem

Ekosistem ialah suatu kondisi dimana ada hubungan timbal balik serta saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Semisal ekosistem air laut, ekosistem hutan, dan lain sebagainya.

  • Biosfer

Biosfer ialah tingkatan organisasi biologi yang paling besar, dimana di dalamnya ada seluruh kehidupan yang ada di bumi serta terdapat interaksi antara lingkungan fisik secara keseluruhan.

Aspek dan Prinsip dalam Ekologi

moondoggiesmusic.com

Ketika mempelajari hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya, ada beberapa aspek serta prinsip yang perlu diperhatikan dengan baik. Mengacu dari pengertian ekologi di atas, di bawah ini adalah aspek sera prinsip pada ekologi.

Aspek Utama dalam Ekologi

Aspek utama atau aspek penting pada ekologi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Studi tentang interaksi organisme/kelompok organisme dengan lingkungannya.
  2. Studi tentang interaksi organisme/kelompok organisme dengan lingkungannya.
  3. Studi tentang struktur dan fungsi alam.

Prinsip Utama dalam Ekologi

Beberapa yang termasuk dalam prinsip utama ekologi adalah sebagai berikut:

  1. Adanya interaksi (interaction).
  2. Adanya saling ketergantungan (interdependence).
  3. Adanya keanekaragaman (diversity).
  4. Adanya keharmonisan (harmony).
  5. Adanya kemampuan berkelanjutan (sustainability).

Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Ekologi memberikan manfaat yang begitu besar pada manusia maupun lingkungan hidupnya. Di bawah ini adalah manfaat ekologi untuk manusia.

  • Mengenal Keragaman Hayati

Dengan adanya ekologi, manusia bisa memahami berbagai makhluk hidup yang ada di bumi serta hubungannya dengan tempat tinggalnya. Sebagai contoh bagaimana seekor unta bisa bertahan hidup pada tempat yang memiliki suhu tinggi, sedangkan penguin dapat bertahan hidup pada tempat yang memiliki suhu rendah.

  • Mengenal Perilaku Makhluk Hidup

Ekologi juga akan membantu manusia dalam mengenal perilaku makhluk hidup lain yang dapat memberikan manfaat untuk kehidupan manusia. Sebagai contoh pengenalan perilaku kelelawar yang kemudian diadaptasi pada sistem solar kapal selam, mengenal perilaku lumba-lumba yang ternyata dapat memberikan manfaat yakni untuk menentukan sebuah lokasi dan masih banyak contoh lainnya.

  • Mengetahui Peran Manusia pada Lingkungan

Manfaat ekologi lainnya ialah untuk membantu manusia dalam mengetahui dampak produk yang dihasilkan terhadap lingkungan. Sebagai contoh penggunaan produk DDT yang bertujuan untuk memberantas hama ternyata berpotensi mencemari lingkungan manusia maupun organisme lainnya.

  • Memetakan Konsumsi Pangan

Ekologi juga dapat membantu manusia mengetahui struktur serta skala pangan setiap makhluk hidup. Contohnya tumbuhan sebagai produsen, hewan herbivora sebagai konsumen tingkat pertama, hewan karnivora sebagai konsumen tingkat kedua, manusia sebagai konsumen tingkat ketiga, hewan pengurai dan kemudian hasil penguraian tersebut akan kembali dikonsumsi oleh produsen sebagai sumber energi.

  • Memecahkan Masalah Pertanian

Dalam masalah pertanian, ekologi memiliki peranan yang begitu penting. Dimana ekologi bisa membantu memecahkan masalah pertanian yang kerap dihadapi manusia. Seperti menjaga kesuburan tanah dengan menambahkan beberapa mikroba yang bisa menghasilkan amonium dan nitrat.

  • Memecahkan Masalah Energi

Manfaat ekologi berikutnya ialah untuk membantu manusia dalam memastikan ketersediaan energi untuk menunjang kehidupannya. Semisal penggunaan energi alternatif dari tenaga surya yang menghasilkan energi listrik.

  • Memecahkan masalah kesehatan

Ekologi juga bisa membantu manusia dalam memecahkan masalah kesehatan yang dihadapi. Contohnya yakni mengetahui jika nyamuk Aedes Aegypti ialah penyebab demam berdarah yang bisa dibasmi dengan suatu penanganan atau tindakan, seperti menguras bak mandi, membersihkan selokan dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Ekologi

moondoggiesmusic.com

Sebenarnya, istilah ekologi bukan hanya digunakan pada satu bidang kehidupan saja, namun pada beberapa bidang kehidupan manusia. Adapun jenis-jenis ekologi adalah sebagai berikut.

  • Ekologi Manusia

Yaitu cabang ekologi yang membahas atau mempelajari tentang keadaan lingkungan hidup manusia.

  • Ekologi Tumbuhan

Yaitu cabang ekologi yang membahas atau mempelajari tentang tumbuhan sebagai organisme dan mengabaikan manusia maupun hewan.

  • Ekologi Hewan

Yakni cabang ekologi yang membahas atau mempelajari tentang hewan sebagai organisme dan mengabaikan manusia maupun tumbuhan.

  • Ekologi Populasi

Yakni canag ekologi yang hanya fokus mempelajari hubungan antar kelompok organisme, jumlah individu serta faktor penentu besar populasi maupun penyebarannya.

  • Ekologi Habitat

Yakni canag ekologi yang hanya fokus pada pembahasan tentang sifat dari sebuah habitat.

  • Ekologi Sosial

Yakni cabang ekologi yang membahas tentang hubungan antara manusia dengan lingkungan alam serta teknologi.

  • Ekologi Bahasa

Yakni cabang arkeologi yang mempelajari serta menyelidiki tentang hubungan antara bahasa serta lingkungan manusia.

  • Ekologi Antariksa

Yakni cabang ekologi yang mempelajari tentang ekosistem yang mampu menopang kehidupan manusia selama penerbangan antariksa.

Bagaimana, sudah paham dengan apa yang dimaksud ekologi? Aspek, manfaat dan juga jenis-jenisnya? Dengan memahami apa itu ekologi dan segala hal yang bersinggungan, tentunya kita harus mampu meningkatkan kepekaan serta memaksimalkan peran dalam melestarikan ekologi tersebut.

Jika sudah memahami rangkaian dari informasi di atas, jangan lupa juga untuk membagikannya dengan orang terdekat Anda ya, sehingga informasi baik yang Anda punya bisa terus tersebar dan bermanfaat bagi orang lain pula. semoga pengertian ekologi di atas bermanfaat ya sobat.

Pengertian Ekologi : Ruang Lingkup, Manfaat, Jenis, Aspek dan Prinsipnya