Site icon Made Blog

4 Do’a Nabi Sulaiman Sehari Hari Dalam Keadaan Apapun

DO'A NABI SULAIMAN

Do’a Nabi Sulaiman – Nabi Sulaiman merupakan salah satu nabi dan rasul Allah yang mana adalah putra dari salah satu nabi yaitu Nabi Daud AS. Sejak Nabi Sulaiman masih kanak-kanak bahkan hingga usia remaja, beliau sudah menampakkan adanya tanda-tanda ketajaman otak, kecerdasan, pandai berpikir dan juga dapat mengambil keputusan dengan bijak. Kemudian ketika usianya tiga belas tahun, Nabi Sulaiman mewarisi tahta kerajaan sang ayah.

Nabi Sulaiman merupakan sosok penguasa yang saleh, genius, pintar dan juga kaya. Beliau ditakuti oleh para lawannya dan disegani oleh teman. Beliau merupakan sosok penguasa yang sangat dicintai oleh rakyat karena keadilan dan juga keberhasilan beliau dalam memegang tampuk kekuasaan. Di zaman akhir seperti ini, sungguh sulit mencari seorang pemimpin yang sosoknya seperti Nabi Sulaiman AS. Apalagi zaman sekarang fitnah dan ujian ada dimana-mana. Jarang sekali kita menemukan seorang pemimpin yang bisa menegakkan keadilan di tengah-tengah rakyatnya.

Meski demikian, kita tetap bisa mewarisi dan mengamalkan do’a yang pernah nabi Sulaiman panjatkan kepada Allah SWT.

Sekilas Tentang Nabi Sulaiman

Adalah Nabi Sulaiman AS yang merupakan putera dari utusan Allah, Nabi Daud AS. Sebagai pewaris kerajaan sang ayah, Nabi Sulaiman merupakan seorang yang mempunyai kecerdasan luar biasa. Nabi Sulaiman naik tahta kerajaan pada usia 13 tahun untuk menggantikan sang ayah. Selama kekuasaannya, Nabi Sulaiman dikenal sebagai seorang pemimpin yang bijaksana. Beliau mempunyai strategi jitu yang menjadikan kerajaan yang di pimpin olehnya mengalami perkembangan yang luar biasa.

Saat itu, tidak ada satu pun kerajaan yang dapat menandingi kekuasaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman AS. Bahkan kerajaan-kerajaan yang lain sangat segan kepada Nabi Sulaiman karena beliau sangat cerdas dan keputusan yang di buatnya selalu arif dan bijak. Selain kekuasaan yang luar biasa, oleh Allah Nabi Sulaiman juga di berkahi dengan wilayah kekuasaan yang sangat luas dan dengan kekayaan yang sangat berlimpah. Beliau tidak hanya menguasai dari bangsa manusia, bangsa jin, hewan bahkan sampai angin dan lautan Allah karuniakan kepada Nabi Sulaiman. Karena hampir semua makhluk tunduk kepadanya, hal ini mempermudah Nabi Sulaiman untuk mengembangkan kerajaannya dan juga memajukan peradaban saat itu.

Istana yang sangat megah yang dimilikinya, dibangun oleh bangsa jin dan juga manusia dan juga hewan secara gotong royong. Tidak main-main mewahnya, susunan batu pualam menjadi   dinding untuk istana Nabi Sulaiman.  Emas dan tembaga menjadi penyusun tiang-tiangnya, perak menjadi bahan untuk atapnya, dan tidak ketinggalan mewah hiasan yang ada di istana emua terbuat dari berlian, intan dan mutiara.

Dengan diberikannya kekayaan berlimpah dan juga kekuasaan yang tak tertandingi di dunia, tak membuat Nabi Sulaiman angkuh. Nabi Sulaiman senantiasa mensyukuri apa yang telah dikaruniakan Allah kepadanya tanpa ada kesombongan sedikit pun. Bebikut ini  ada beberapa do’a dari Nabi Sulaiman yang dilafalkan kepada Allah SWT.

Do’a Nabi Sulaiman

Nabi atau rasul merupakan manusia pilihan Allah yang mana do’a-do’a yang dipanjatkan akan mustajab. Dan tidak ada salahnya jika kita juga mengikuti do’a yang telah di lafalkan oleh utusan Allah salah satunya do’a yang dilafalkan Nabi Sulaiman AS. Dan tentunya do’a tersebut dpat dilafalkan sehari-hari.

Harta menjadi salah satu isu yang tidak ada hentinya di bicarakan di khalayak masyarakat. tidak bisa dipungkiri setiap orang orang membutuhkan uang agar dapat melangsungkan kehidupan hingga kedepannya di dunia. Tentu saja harta tersebut tidak hanya digunakan untuk kepentingan persolan orang. Banyak orang yang juga menggunakan harta yang dimilikinya untuk membantu orang lain.

Berikut ini ada do’a nabi Sulaiman yang dapat di amalkan untuk memohon kepada Allah mudah diberikan kekayaan :

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكُا لاَّ يَنْبَغِي لِاَ حَدِ مِّنْ بَعْدِي , اِنَّكَ اَنْتَ الْوَ هَّابُ

Tentu saja ketika berdo’a kepada Allah untuk meminta kekayaan jangan sampai disiertai niat yang salah. Seperti ingin diberi kekayaan agar bisa pamer dan membeli segala sesuatu yang diinginkan padahal  tidak ada manfaatnya. Do’a diatas merupakan do’a yang dipanjatkan oleh nabi Sulaiman AS ketika memohon agar diberikan kerajaan. Lafal do’a tersebut terdapat di dalam Alqur’an tepatnya di surat Shaad tepatnya di ayat 35.

Dari do’a yang dipanjatkan oleh Nabi Sulaiman di atas dapat diambil pelajaran bahwa Nabi Sulaiman merupakan sosok penguasa yang patut untuk ditiru oleh siapa saja penguasa di dunia. Do’a Nabi Sulaiman AS benar-benar mustajab. Nabi Sulaiman benar-benar menjadi seorang raja yang agung. Kekuasaan yang dimilikinya sangat luas, hingga pada masa itu tidak ada kerajaan yang menandingi kekuasaannya.

Melalui do’a tersebut Allah mengajarkan kepada kita semua bahwa setiap kekuasaan yang dimiliki oleh manusia, entah itu jabatan pangkat dan juga wewenang. Baik itu di dalam lingkung yang kecil maupun di dalam lingkup yang besar semata-mata adalah pemberian dari Allah SWT. karena hanya Allah yang memberikan kekuasaan dan kepada siapapun yang di kehendaki-Nya.

Bacalah do’a ini jika Anda menginginkan untuk menjadi seorang penguasa yang yang besar, kuat dan juga disegani oleh kawan maupun oleh lawan, dan juga dicintai dan didukung oleh rakyat.

Dalam do’a di atas di awali dengan permohonan ampun kepada Allah. Maka hal yang perlu direnungkan dalam do’a ini adalah hubungan ampunan Allah dengan rahmat Nya. Setiap do’a yang dipanjatkan oleh Para nabi dan rasul selalu diiringi dengan permohonan ampun kepada Allah SWT. Padahal para nabi dan rasul  telah dipelihara dari perbuatan dosa. Permohonan ampun yang dipanjatkan oleh para rasul tidak lain adalah untuk menunjukkan betapa hina dan rendahnya diri di hadapan Allah SWT. Orang yang merasa rendah dan hina di hadapan Allah, akan selalu dekat dengan Nya.

Seseorang yang dekat dengan Allah SWT maka akan dekat pula dengan rahmat Nya pula. Apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh orang yang dekat dengan Allah akan lebih cepat dikabulkan. Jika kita berharap doa-doa kita diterima oleh Allah SWT, maka kita harus segera menyibak tirai  yang menyebabkan terhalang nya do’a kta. Jalan utama yang harus ditempuh ialah dengan bertaubat menuju ampunan Allah SWT.

Do’a Nabi Sulaiman AS Mohon agar Tetap Mensyukuri Nikmat Allah SWT

رَبِّ أَوْزِعْنِىٓ أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ ٱلَّتِىٓ أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَىٰ وَٰلِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَٰلِحًا تَرْضَىٰهُ وَأَدْخِلْنِى بِرَحْمَتِكَ فِى عِبَادِكَ ٱلصَّٰلِحِينَ

Do’a di atas merupakan do’a Nabi Sulaiman yang terdapat di dalam Qs. An Naml ayat ke 19. Dalam do’a tersebut, Nabi Sulaiman As memohon kepada Allah agar diberikan ilham untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah Allah anugerahkan kepadanya dan juga kedua orangtua.

Mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Sulaiman salah satunya adalah Nabi Sulaiman mampu untuk berkomunikasi dengan para binatang karena diberi kemampuan untuk memahami bahasa bangsa binatang. Dan bahkan sebaliknya, para binatang memahami dengan apa yang dikatakan dan diperintahkan oleh Nabi Sulaiman.

Melalui do’a tersebut, Allah SWT mengajarkan kepada kita semua bahwa setiap orang itu wajib untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan entah sekecil apapun nikmat yang diberikan.

Dalam hidup ini, Allah memberikan ujian kepada hamba Nya dalam dua bentuk. Yang pertama yaitu ujian dalam bentuk kesusahan dan kedua adalah ujian dalam bentuk kesenangan. Biasanya, kita dapat lolos dalam ujian kesusahan, namun kita sering lalai ketika diberi ujian berupa kesenangan. Semakin banyak anugerah kesenangan yang Allah berikan kepada kita, maka semakin besar pula rasa syukur yang harus kita sampaikan kepada Allah SWt.

Do’a Nabi Sulaiman Mohon Kemudahan dalam Menjalankan Strategi Politik

Do’a ini terdapat dalam surat An Naml ayat ke 30.

إِنَّهُۥ مِن سُلَيْمَٰنَ وَإِنَّهُۥ بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Nabi Sulaiman AS merupakan seorang hamba yang sangat saleh. Dalam setiap perbuatannya, beliau tidak pernah lupa untuk mengucapkan basmallah. Tidak hanya dalam masalah kecil hal itu dilakukan beliau, melainkan juga dalam masalah yang besar pun Nabi Sulaiman tidak pernah lupa untuk menyebut asma Allah SWT.

Dikisahkan, dahulu setelah nabi Sulaiman telah selesai membangun Baitul Maqdis dan juga melakukan ibadah haji, beliau melanjutkan perjalanannya menuju Yaman. Ketika tiba di San’a yang merupakan ibu kota Yaman, Nabi Sulaiman kemudian memanggil burung hud-hud. Beliau memerintahkan kepada hud-hud untuk mencarikan nya sumber air yang mana tempat tersebut sangat kering dan tandus.

Ternyata, burung tersebut bukanlah dari golongan burung yang ta’at akan perintah nabi Sulaiman. Mengetahui hal tersebut, Nabi Sulaiman kemudian marah dan berkata akan memberikan hukuman kepada si hud-hud jika ia datang bukan dengan tujuan yang nyata.

Burung hud-hud lantas menghadap kepada Nabi Sulaiman dan mengabarkan suatu berita. Bahwa selama ini burung hud-hud telah melakukan pengintaian di suatu negeri yang jauh. Ia mengatakan bahwa di suatu negeri yang bernama Saba, terdapat sebuah kerajaan yang besar. Selain itu kerajaan tersebut sangat megah dan memiliki seorang ratu sebagi penguasanya. Sang ratu memiliki sebuah tahta yang di dudukinya terbuat dari permata berkilauan yang membuat tahta itu megah. Sang burung hud-hud menyaksikan mereka tidak mengenal adanya Tuhan Pencipta seluruh alam. Ratu dan seluruh rakyatnya menyembah tidak kepada Tuhan melainkan kepada matahari. Kala matahari terbit dan juga terbenam, mereka akan bersujud kepada matahari. Begitulah kesaksian yang disampaikan oleh hud-hud kepada Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman kemudian memaafkan hud-hud dan memerintahkan kepadanya untuk membawa surat ke istana ratu yang telah di ceritakannya tersebut. Dengan perintah nabi Sulaiman tersebut, burung hud-hud segera terbng kembali menuju negeri Saba. Setibanya di atas istana kerajaan Saba, ia melemparkan surat yang di berikan Nabi Sulaiman tepat fi hadapan Ratu Balqis yang saat itu sedang duduk di takhtanya yang sangat megah.

Tentu saja sang ratu terkejut karena melihat ada surat yang jatuh dari udara tepat di hadapannya. Lantas sang ratu langsung menhadap ke atas untuk melihat siapa yang berani-beraninya melemparkan surat tepat dihadapannya. Surat tersebut kemudian dibukanya dengan segera.

Berulang kali Ratu Balqis membaca isi surat Nabi Sulaiman AS. Kemudian ia memanggil para pembesar di kerajaannya. Mereka dikumpulkan untuk mendiskusikan langkah atau tindakan apa yang sebaiknya dilakukan sehubungan dengan datangnya Surat kepada sang ratu.

Ketika dimintai pertimbangan, berkata para pembesar kerajaan, “Wahai paduka ratu, kami adalah putera-putera yang dididik dan dibesarkan untuk berperang dan bertempur. Selama ini kami  tidak diajarkan untuk menjadi seorang yang ahli untuk merancang sesuatu dan juga memberikan nasihat atau pertimbangan kepada Anda.Segala keputusan yang engkau buat kami akan tunduk menjalankannya demi kebaikan mu dan juga bagi kerajaann. Demi menjaga keselamatanmu dan juga keselamatan kerajaan kami tidak akan gentar menghadapi apapun”.

Mendegarkan hal yang dikatakan oleh para pembesarnya, yang terkesan akan melakukan perlawanan dengan menyerbu musuh dan masuk ke medan  perang ternyata sang ratu tidak berpendapat demikian. Menurut sang ratu, hal itu hanya akan menyebabkan kehancuran dan kerusakan yang juga akan berdampak kepada seluruh rakyat dan juga peninggalan nenek moyang.

Mengahadapi surat yang dikirim oleh Nabi Sulaiman kepada ratu yang mana menurutnya merupakan sebuah ancaman, ratu mempunyai cara untuk dapat melunakkan hati yang pengirim surat yaitu Nabi Sulaiman. Ratu akan mengirimkan hadian dari kerajaan dengan barang-barang yang sangat berharga yang tentunya dapat membuat hati yang melihatnya terpesona. Segera ratu Balqis mempersiapkan segalanya termasuk dengan utusan yang akan dipilihnya untuk berangkat menghadap sang pengirim surat.

Burung hud-hud kembali ke kerajaan Sulaiman dan mengatakan apa rencana Rau Balqis yang dilakukan untuk merespon surat yang di kirimnya. Di perintahkannya para Jin untuk membuat bangunan yang sangat megah untuk menyambut kedatangan utusan sang ratu.

Tibalah di hari dimana utusan Ratu Balqis sampai ke kerajaan Sulaiman dengan membawa hadian. Ia menjelaskan apa maksud dan tujuan datangnya ke kerajaan Sulaiman. Kemudian berkatalah Nabi Sulaiman untuk memerintahkan utusan Ratu Balqis kembali dengan membawa hadiah yang tekah dibawanya sebelumnya.

Singkat cerita, akhirnya Ratu Balqis memutuskan untuk menyerah dan datang ke kerajaan Sulaiman. Mengetahui hal tersebut, Nabi Sulaiman mengutus para jin untuk memindahkan tahta Ratu Balqis yang berada di Negeri Saba untuk dipindahkan di kerajaannya sebelum ia sampai. Sesampainya Ratu Balqis di kerajaan Sulaiman,tak henti-henti ia takjub.

Pelajaran yang dapat diambil dari do’a Nabi Sulaiman AS diatas ialah mengajarkan kepada kita semua bahwa segala kebaikan itu datanya dari Allah SWT. yang mana hendaknya kita selalu mensyukuri segala kebaikan yang datangnya dari Allah SWT agar memberikan dampak yang positif bagi kita entah itu di kehidupan dunia maupun di akhirat.

Diantara doa dan dzikir yang paling mudah dan ringan ialah dengan membaca basmalah. Sunggu itu merupakan kalimat yang paling mudah diucapkan dan begitu besar pahala dan manfaat membaca basmalah. Allah mencintai orang-orang yang menyebut asma Nya dalam kesehariannya.

Do’a Nabi Sulaiman AS karena Memperoleh Nikmat

وَقَالَا ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى فَضَّلَنَا عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّنْ عِبَادِهِ ٱلْمُؤْمِنِينَ.

Kalimat tersebut merupakan suatu do’a syukur yang terdapat di dalam surat An Naml pada ayat ke 15. Banyak sekali karunia kelebihan dan kenikmatan yang telah Allah berikan kepada Nabi Daud AS dan puteranya, Nabi Sulaiman AS. Antara lain sebagai berikut :

  1. Mereka berdua diangkat sebagai nabi dan rasul untuk menyampaikan  risalah Islam kepada umat manusia.
  2. Mempunyai kekuatan tubuh yang sanagt kuat sehingga mampu untuk membela kaumnya dan mengalahkan  musuh-musuh yang telah berbuat dzolim.
  3. Dianugerahi kekayaan, kerajaan yang besar dan juga menjadi raja yang sangat di cintai oleh rakyatnya.
  4. Mempunyai keahlian di bidang ilmu hukum, sehingga setiap perkara dapat diputuskanya dengan adil dan juga tepat.

Sementara itu dengan kekuatan ilmunya, Nabi Sulaiman dapat menaklukkan jin, binatang, lautan dan juga angin. Dapat memahami bahasa semut dan juga dapat menaklukkan seorang wanita yang cerdas yaitu ratu Balqis dan berkuasa sehingga tunduk sebagai seorang muslim.

Segala kenikmatan dan karunia telah Allah berikan kepada Nabi Daud dan juga Nabi Sulaiman ketika di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu, keduanya selalu merasa bersyukur kepada Allah dan membaca do’a syukur sebagaimana si atas.

Cara Mengamalkan Do’a Nabi Sulaiman

Beberapa do’a Nabi Sulaiman di atas, dapat Anda amalkan setiap usai menjalankan sholat fardhu. Namun jangan hanya berdo’a saja, melainkan Anda juga harus berusaha agar hasil yang di dapatkan  maksimal.

Karena, setiap do’a yang dilafalkan harus diimbangi dengan adanya  usaha, ikhtiar dan kerja keras. Misalnya jika Anda menginginkan diberik oleh Allah kekayaan, maka yang harus Anda lakukan tidak hanya berdo’a. Anda harus mengimbanginya dengan kerja keras, karena mustahil ada uang yang jatuh dari langit namun tidak ada usaha dari Anda yang meminta.

 

Banyak sekali do’a-do’a nabi yang dapat kita amalkan  termasuk juga dengan do’a Nabi Sulaiman AS. Banyak dari sifat mulia beliau yang seharusnya kita ikuti, seperti menjadi seorang pemimpin yang adil da bijaksana. Selain itu, beliau senantiasa bersyukur terhadap apapun yang Allah berikan kepada Nabi Sulaiman AS. Maka dari itu, kita harus menitu hal-hal tersebut dengan tujuan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

4 Do’a Nabi Sulaiman Sehari Hari Dalam Keadaan Apapun

 

 

Exit mobile version