Site icon Made Blog

20+ Contoh Kalimat Deskripsi Yang Baik Dan Benar

20+ CONTOH KALIMAT DESKRIPSI YANG BAIK DAN BENAR

Contoh Kalimat Deskripsi – Kalimat merupakan hal dasar yang menjadi perhatian dalam ilmu bahasa khususnya Bahasa Indonesia. kalimat memiliki berbagai macam bentuk dan juga berbagai unsur. Setiap unsur yang menjadi ciri khas suatu kalimat menjadikan pembeda antara kalimat satu dengan kalimat yang lainnya. Oleh karena itu, jika ingin mengetahui jenis kalimat, penting untuk mempelajari berbagai contoh kalimat.

Kalimat deskripsi merupakan kalimat yang sering muncul dan sering di gunakan dalam bentuk contoh kutipan. Kalimat deskripsi juga memuat beragam unsur sehingga bisa di sebut sebagai kalimat deskripsi. Berikut ini merupakan ulasan terkait dengan kalimat deskripsi.

Definisi Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi merupakan bentuk kalimat yang di dalamnya terdapat pembahasan terkait dengan penjelasan yang memiliki sifat khusus terkait suatu objek meliputi, karakteristik objek tersebut dan juga ciri yang dimiliki oleh objek. Dalam penulisannya kalimat deskripsi mengupayakan agar panca indera dapat memberikan kontribusi besar sehingga pembaca dapat membayangkan melalui pengamatan dari panca indera.

Penggunaan kalimat deskripsi tidak terdapat pada suatu objek tertentu. Seluruh jenis objek dapat di deskripsikan dengan baik dan sesuai dengan pengamatan yang dilihat dan pengamatan tersebut akan sama dengan obyek yang sesungguhnya. Hal-hal yang diamati dapat berupa definisi, bentuk, sifat dan lain sebagainya yang hanya mampu di lakukan pengukuran dengan alat indera.

Ciri Khas Kalimat Deskripsi

Setiap kalimat dalam ilmu bahasa memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan kalimat lainnya. Ciri-ciri kalimat deskripsi berfungsi agar para pembaca dapat dengan mudah membedakan antara kalimat deskripsi dengan kalimat lain. Berikut adalah ciri-ciri dari kalimat deskripsi.

  1. Kalimat deskripsi merupakan kalimat yang di gunakan untuk mendeskripsikan objek tertentu dengan melalui pengamatan secara umum menggunakan panca indera. Indera yang di gunakan umumnya, indera penglihatan dan indera lainnya.
  2. Penggunaan kalimat deskripsi pada suatu objek mampu memberikan gambaran nyata objek. Sehingga membuat si pembaca merasakan sendiri mengamati objek dan mampu membayangkan secara jelas terkait dengan objek yang di paparkan.
  3. Bagian objek yang di deskripsi kan merupakan ciri khusus yang di miliki oleh objek tersebut.
  4. Anda akan sering menemui kalimat jenis ini karena hampir seluruh pekerjaan pasti menggunakan jenis kalimat ini dalam penulisannya.
  5. Pembuatan kalimat ini harus benar-benar di perhatikan. Karena jika terdapat susunan yang terbalik dalam suatu kalimat, maka arti yang tergantung dalam kalimat akan berubah dan sedikit berbeda.

Tujuan Kalimat Deskripsi

Adanya pemakaian kalimat deskripsi dalam suatu naskah pastinya terdapat tujuan tertentu yang di inginkan oleh si penulis. Kalimat deskripsi memiliki tujuan penting dalam pemaparan suatu kalimat. Berikut ini merupakan tujuan dari pembuatan naskah dengan menggunakan kalimat deskripsi.

  1. Kalimat deskripsi bertujuan agar objek yang di deskripsikan menjadi lebih jelas yaitu dengan menggunakan pengamatan panca indera dalam prosesnya.
  2. Kalimat deskripsi akan sangat berguna jika Anda di tuntut untuk membuat suatu paragraf deskripsi. Karena paragraf berbentuk deskripsi maka sudah pasti kalimat nya juga berbentuk deskripsi.
  3. Selain bentuk paragraf deskripsi, kalimat deskripsi dapat di gunakan untuk menyusun suatu karangan yang berbentuk deskripsi.

Pembahasan Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi merupakan suatu paragraf yang tersusun dari kumpulan kalimat deskripsi yang di bentuk dengan penyusunan sedemikian rupa. Penyusunan paragraf deskripsi juga memiliki tujuan yang sama dengan kalimat deskripsi yaitu berguna untuk memberikan gambaran secara lengkap suatu objek melalui pengamatan yang mendalam dengan bantuan panca indera.

Kalimat deskripsi di atur dan di rangkai membentuk sebuah susunan kalimat yang padu dan dapat di susun menjadi bentuk paragraf deskripsi. Sehingga beberapa kalimat deskripsi jika di gabungkan membentuk paragraf deskripsi. Kalimat yang berada dalam paragraf deskripsi merupakan kalimat yang memiliki sifat subjektif. Karena pendeskripsian yang di lakukan akan di sesuaikan dengan pengamatan langsung si penulis.

Namun meskipun bersifat subjektif, penggambaran dalam kalimat deskripsi umumnya juga sebagian besar memiliki kesamaan dengan gambaran pada umumnya. Namun, memang ada beberapa bagian yang memiliki sifat subjektif sesuai si pengamat.

Ciri Khas Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi memang gabungan dari kalimat deskripsi yang memenuhi kaidah. Hanya saja paragraf memuat banyak kalimat deskripsi. Sedangkan kalimat, hanya terdiri dari beberapa kumpulan kata sehingga terbentuk kalimat yang padu. Berikut ini merupakan ciri khas yang terdapat pada paragraf deskripsi yang bisa Anda pelajari.

  1. Paragraf deskripsi merupakan bentuk paragraf yang di dalamnya memuat tentang penggambaran suatu objek secara detail dan menyeluruh. Sehingga pembaca akan tahu gambaran objek secara rinci.
  2. Objek yang umumnya di jadikan pusat perhatian untuk di amati adalah objek berupa benda hidup dan tak hidup yang meliputi, hewan, manusia dan juga tempat wisata dan benda lainnya yang butuh di deskripsikan secara nyata dengan pengamatan panca indera.
  3. Adanya paragraf deskripsi memiliki fungsi agar si pembaca mampu membayangkan secara nyata terkait dengan objek yang di paparkan. Jika pembaca mampu membayangkan dan seolah memiliki gambaran maka itu merupakan tanda bahwa paragraf deskripsi memiliki hasil yang bagus dan telah mencapai tujuannya.

Jenis-jenis paragraf deskripsi

Paragraf deskripsi tidak hanya terdiri dari satu macam paragraf, tetapi banyak jenis-jenis paragraf deskripsi yang bisa di pelajari. Perbedaan paragraf deskripsi akan memberikan makna yang berbeda bagi yang membaca. Berikut ini merupakan jenis-jenis dari paragraf deskripsi,

  1. Paragraf deskripsi jenis objektif

Paragraf deskripsi dalam jenis ini memiliki isi yang murni dilihat atau melalui pengamatan secara objektif. Sehingga dalam proses pembuatannya, si penulis tidak menyertakan kalimat opini yang mampu memberikan gambaran subjektif. Sehingga meskipun tidak mengamati, tetapi penilaian orang lain akan sama seperti si penulis.

  1. Paragraf deskripsi jenis subjektif

Paragraf deskripsi dalam jenis ini memiliki isi yang sebagian besar kalimatnya mengandung opini langsung si penulis. Sehingga dalam gambarannya, ada beberapa hal yang tidak memiliki kesamaan dengan pendapat umum. Karena setiap orang memiliki penilaian yang berbeda meskipun mengamati hal yang sama dan melalui panca indera yang sama.

  1. Paragraf deskripsi spesial

Paragraf deskripsi dalam jenis ini merupakan paragraf yang di dalamnya memberikan gambaran objek secara detail. Sehingga penulis benar-benar terfokus pada keseluruhan komponen objek. Terkait dengan objek yang di berikan gambaran adalah tempat, benda tertentu hingga ruangan yang perlu di berikan deskripsi.

  1. Paragraf deskripsi waktu

Paragraf deskripsi waktu merupakan jenis paragraf yang isinya merupakan pengamatan suatu peristiwa yang di lakukan berdasarkan pada waktu terjadi peristiwa tersebut. Sehingga penulis dalam hal ini akan lebih memerhatikan terkait dengan waktu peristiwa.

Contoh Paragraf Deskripsi

Bagi Anda yang masih bingung terkait dengan paragraf deskripsi, berikut ini merupakan contoh dari paragraf deskripsi yang dapat di pelajari.

  1. Semakin hari lapisan ozon semakin terkikis hingga hutan tropis menjadi berkurang. Setiap gurun juga semakin luas di wilayah tertentu. Hal tersebut yang menjadi penyebab panasnya suhu hingga terjadi peningkatan yang ekstrem di berbagai negara. Sehingga banyak bencana yang tidak terprediksi terjadi. Kondisi bumi seperti ini akibat ulah manusia sehingga manusia harus bertanggung jawab.
  2. Hari ini santi memakai setelah yang sesuai yaitu bawahan dengan warna hitam kemudian ia mengenakan blush warna putih tulang. Perpaduan warna tersebut memiliki kesesuaian sehingga saat ia berjalan terpancar aura keanggunan dan berhasil menarik banyak perhatian orang di sekitarnya.
  3. Pantai Nusa Panida adalah pantai yang menjadi impian banyak orang. Pantai ini bak permata yang di temukan secara tak sengaja. Waktu tepat untuk berlibur di pantai ini terjadi pada sore hari sembari menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang penuh pesona dan keindahan cahaya kuning.
  4. Sat ini aku sedang duduk dan berusaha memperhatikan orang di sekitarku. Aku menengok ke sebelah kiri, ternyata ada seorang gadis yang memikat hai dengan kecantikannya, memiliki rambut hitam terurai dengan kulit putih dan juga bibir yang indah.
  5. Di Jakarta terdapat suatu sungai yang menjadi pusat mengalirnya alir ke seluruh pelosok Jakarta yaitu sungai Ciliwung. Namun, sungai ini tidak terawat sehingga sungai ini menjadi tidak bersih dan selalu kotor dan juga keruh.

Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Kalimat definisi tak sama dengan kalimat deskripsi. Memang di antara keduanya terdapat hubungan dan keterkaitan, namun tidak berarti kedua kalimat tersebut sama. Kalimat deskripsi dan kalimat definisi merupakan bentuk kalimat yang memiliki banyak sekali perbedaan.

Kalimat deskripsi merupakan kalimat yang dapat di gunakan jika seseorang ingin memaparkan suatu objek atau kejadian tetapi hanya bersifat umum. Sedangkan untuk kalimat definisi memiliki bentuk atau tujuan dalam memberikan penjelasan terkait dengan suatu ciri khusus objek yang juga dapat di amati melalui indera.

Bagi Anda yang masih bingung terkait perbedaan keduanya, berikut ini merupakan pemaparan perbedaan antara kalimat definisi dan kalimat deskripsi.

  1. Kalimat definisi memaparkan gambaran khusus sedangkan kalimat deskripsi memberikan gambaran yang bersifat umum.

Contoh kalimat definisi yaitu, kambing merupakan golongan binatang yang berkembang biak dengan cara vivipar.

Contoh kalimat deskripsi yaitu, kambing memiliki telinga yang panjang.

  1. Kalimat definisi meskipun di tulis secara terbalik tidak akan mengalami perubahan arti. Sedangkan kalimat deskripsi akan mengalami perubahan arti.

Contoh kalimat definisi : vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dirubah menjadi, cara perkembang biakkan dengan cara melahirkan di sebut vivipar.

Contoh Kalimat deskripsi

Berikut ini merupakan beberapa terkait dengan contoh kalimat deskripsi.

  1. Cecak memiliki metode yang ampuh dalam melindungi diri dari para musuhnya, yaitu dengan melepaskan ekornya sendiri.
  2. Hewan kutub memiliki kemampuan yang ampuh dalam mempertahankan tubuhnya agar tidak kedinginan saat musim dingin yaitu dengan bantuan bulunya yang amat tebal.
  3. Bunglon mampu mengelabuhi musuhnya dengan cara mengganti warna kulitnya dan di sesuaikan dengan tempat ia berada saat itu.
  4. Bunga bangkai atau Raflesia Arnoldi adalah bunga dengan bau busuk menyengat.
  5. Gajah dengan tubuhnya yang besar mampu mencapai berat hingga 2.5 ton.
  6. Dian adalah seorang gadis kecil dengar warna kulit sawo matang, memiliki rambut pirang lurus yang panjang.
  7. Buah durian sebagai buah favorit karena di balik kulitnya yang tajam terdapat isi durian yang sangat lezat untuk di makan.
  8. Buah pepaya memiliki banyak sekali jenis. Salah satu jenisnya adalah pepaya California. Pepaya ini memiliki buah dengan rasa yang manis dan warna merah pada daging buahnya.
  9. Pak Adi adalah seorang kepala RT, ia memiliki kumis yang tebal dan panjang.
  10. Pada saat terjadi gempa, seluruh warga di ungsikan menuju posko penyelamatan. Dalam posko penyelamatan hanya tersedia satu kamar tidur dan juga satu kamar mandi setiap posko.
  11. Di Jogjakarta terdapat suatu pantai yang indah dengan beragam pemandangannya. Seperti ombaknya yang tinggi dan pasir pantainya yang halus.
  12. Ekor buaya memiliki kekuatan yang tinggi. Pasalnya dengan sabetan ekornya, mampu menghempaskan musuhnya dan terpental jauh.
  13. Bentuk pertahanan diri dari harimau dan singa adalah mengoyak dan mencakar musuhnya dengan kuku tajam yang dimilikinya.
  14. Jogjakarta merupakan tempat yang menjadi favorit untuk wisata liburan. Wisata gunung berada pada daerah Jogjakarta sebelah Utara sedangkan wisata pantai terdapat pada Jogjakarta daerah Selatan.
  15. Penyanyi itu sangat cocok melantunkan tembang nada ia memiliki suara yang merdu dan juga memiliki paras yang imut dan cantik.
  16. Pria itu berjalan mondar-mandir di depan toko. Ia memiliki gelagat yang aneh dan juga berpenampilan aneh. Ia membawa tas ransel dengan ukuran tak biasa serta berpakaian serba hitam.
  17. Asap hitam dengan membawa debu meninggi hingga membuat orang berduyun-duyun melindungi diri hal tersebut di karenakan adanya kebakaran di suatu pabrik kursi.
  18. Unta adalah hewan yang tahan terhadap panas dan mampu bertahan lama tanpa makanan. Hal tersebut di karenakan ia memiliki punuk pada punggungnya yang memiliki fugsi untuk menyimpan makanan.
  19. Terdapat suatu tumbuhan yang bertahan hidup dengan memakan hewan, yaitu kantong semar.
  20. Pak Hasni memiliki sebuah pohon mangga yang berbuah lebat dengan ketinggian sedang.
  21. Penambangan sekarang sering terjadi. Penambangan mengakibatkan sungai memiliki kedalaman yang tidak seperti biasanya. Sungai menjadi semakin dalam.
  22. Vino adalah anak yang sedang berjuang melawan tubuhnya sendiri. Hal tersebut di karenakan ia mengalami obesitas. Obesitas terjadi pada saat ia berusi 10 tahun. Saat itu, ia memiliki berat badan hingga 125 kg.
  23. Laut memiliki beberapa predator yang ganas. Seperti ikan paus. Pau juga biasa di sebut dengan pembunuh dalam laut. Paus memiliki corak hitam dan putih.
  24. Malam hari, supermarket di kejutkan dengan seorang pencuri yang berusaha merampok kasir darii minimarket. Pencuri tersebut mengenakan baju dengan warna hitam beserta topi hitam dan sedikit masker yang menutupi wajahnya.
  25. Pohon bambu yang di tanam di sebelah sungai memiliki panjang sampai 50 meter.
  26. Pada saat musim kemarau, terdapat beberapa pohon yang berusaha menyesuaikan diri dengan pergantian musim. Seperti proses pengguguran daun oleh pohon jati sebagai respon adanya musim kemarau.
  27. Siang itu ujian CPNS berjalan dengan lancar dan tertib hingga selesai. Namun, pada saat ujian terdapat beberapa orang yang di keluarkan karena dinilai mengganggu berlangsungnya ujian CPNS dengan merusak ketertiban dengan keramaian.
  28. Pagi ini aku membawa adikku saat aku berangkat ke kampus. Terlebih dahulu aku berhenti di depan sekolah adikku untuk mengantarnya bersekolah. Kemudian aku melanjutkan perjalanan menuju kampusku. Karena aku telah berjanji bersama dengan dosen ku yang sangat galak untuk mendiskusikan terkait dengan tugas akhir yang sedang ku kerjakan.
  29. Daerah Sumatera saat ini sedang di landa krisis oksigen. Hal tersebut di karenakan adanya kebakaran hutan. Kebakaran hutan menyebabkan setiap orang di wilayah tersebut menjadi kesulitan saat sedang menghirup oksigen untuk bernapas.
  30. Setiap unggas memiliki keistimewaan dalam tubuhnya. Seperti adanya kerikil kecil yang terkandung dalam tembolok. Ternyata kerikil tersebut memiliki fungsi tersendiri yaitu menjaga saluran pencernaan unggas agar selalu normal dan tidak terganggu.

Manfaat Kalimat Deskripsi

Pemakaian kalimat deskripsi dalam suatu paragraf atau dalam suatu karangan ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut merupakan manfaat dari pemakaian kalimat deskripsi.

  1. Kalimat deskripsi berguna untuk menjelaskan sesuatu dengan rinci. Sehingga membuat si pembaca mudah untuk mengerti tanpa harus lama memahami kalimat.
  2. Lebih memudahkan setiap orang dalam pembentukan karangan deskripsi. Karena suatu karangan deskripsi pasti seluruh komponennya tersusun atas kalimat deskripsi.
  3. Pengamatan dan bentuk identifikasi sesuatu atau objek dengan menggunakan panca indera.

Proses Pembuatan Karangan Deskripsi

Karangan merupakan suatu bentuk kalimat dengan model yang panjang. Kalimat ini terbentuk dari paragraf yang memiliki isi berupa pemaparan suatu objek yang di buat seolah-olah nyata dan para pembaca mampu membayangkan bagaimana objek tersebut terbentuk atau peristiwa tersebut terjadi.

  1. Penentuan sebuah tema

Pembuatan suatu karangan harus di dahului dengan pembuatan tema terlebih dahulu. Tema merupakan suatu topik yang akan menentukan arah karangan deskripsi akan di buat. Sehingga para pembaca akan dapat dengan mudah memahami dan mengetahui isi dari karangan deskripsi.

  1. Penentuan tujuan dari pembuatan karangan

Setiap menulis satu hal yang terpenting adalah adanya tujuan dari pembentukan penulisan. Si penulis harus menentukan tujuan karangan tersebut.

  1. Mengumpulkan berbagai jenis informasi

Sebelum pembuatan karangan deskripsi, penulis harus mencari banyak informasi terkait dengan tema yang akan di gunakan dalam penulisan.

  1. Menyeleksi bahan yang akan di masukkan

Setiap bahan yang telah di persiapkan harus di seleksi seketat mungkin, agar karangan yang di buat nantinya sesuai dan tidak bertele-tele. Menggunakan bahan-bahan yang benar-benar sesuai dengan tema dan lebih akurat.

  1. Pembuatan kerangka

Pembuatan kerangka adalah hal yang penting dalam pembuatan karangan. Hal tersebut agar penyusunan karangan lebih mudah dan menjadi terarah.

Contoh Karangan Deskripsi

Pantai ini memiliki banyak keunggulan yang membuat para wisatawan semakin tertarik untuk mengunjunginya. Ombak bergemuruh dan mengeluarkan suara seakan memanggil setiap orang mendatanginya. Ombak merupakan daya tarik pengunjung sehingga membuat pengunjung semakin menikmati dan seolah terbawa akan keindahannya.

Itulah beberapa ulasan terkait dengan kalimat deskripsi beserta dengan seluruh unsur-unsurnya. Selain kalimat deskripsi juga di sebutkan terkait dengan paragraf deskripsi dan karangan deskripsi.

20+ Contoh Kalimat Deskripsi Yang Baik Dan Benar

Exit mobile version