15 Teks Eksposisi (Pengertian Dan Contohnya Terlengkap)

Teks Eksposisi – Teks Eksposisi merupakan suatu paragraf yang beisikan uraian tentang suatu masalah pada bidang tertentu dan disertai dengan contoh, atau dilengkapi juga dengan angka-angka, statistik atau gambar yang berfungsi sebagai penjelas. Kemudian pada akhir paragraf diberi penegasan. Teks eksposisi bersifat netral, karena tujuan dari teks eksposisi sendiri yaitu untuk menginformasikan suatu hal sekaligus untuk menambah wawasan pihak pembaca.

Teks eksposisi sendiri memiliki ciri-ciri. Secara global ada beberpa ciri utama dari teks eksposisi, sebagai berikut :

  • Pada teks eksposisi akan dituliskan bagaimana pendapat penulis, gagasan atau keyakinan dari penulis terhadap suatu masalah pada bidang tertentu.
  • Uraian dalam teks eksposisi sifatnya objektif yang tujuan utama untuk menambah wawasan pada pembaca bukan untuk maksud yang lain.
  • Fakta yang terdapat dalam teks eksposisi diperjelas dengan adanya angka, peta, grafik, gambar, statisfik atau bagan.
  • Kandungan digali dengan melalui sintesis dan analisis.
  • Pada akhir paragraf ditutup dengan kalimat penegasan, bukan ditutup dengan ajakan atau dengan permintaan dukungan.

 

Contents

Struktur Teks Eksposisi

STRUKTUR TEKS EKSPOSISI

Suatu teks eksposisi mempunyai 3 struktur umum yang biasa dijadikan pedoman ketika hendak menyusun teks eksposisi.

Pendahuluan. Pada bagian pendahuluan teks eksposisi akan dituliskan bagaimana pandangan dari si penulis yang berupa topik yang akan dibahas lebih lanjut pada paragraf didalamnya. Selain itu, pada bagian pendahuluan, penulis juga akan mencantumkan bagaimana maksud dari seluruh bagian teks.

Isi. Bagian isi bisa juga dikatakan sebagai tubuh teks eksposisi itu sendiri. Karena pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana pemaparan dari pendahuluan. Selain itu, bagian ini juga akan memberikan bukti fakta pendukung.

Kesimpulan. Seperti teks pada umumnya, untuk bagian kesimpulan tentunya akan berisikan penegasan dari pernyataan sebelumnya.

Untuk dapat memahami lebih dalam mengenai teks eksposisi, maka simaklah beberapa contoh teks eksposisi berikut ini :

Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

CONTOH TEKS EKSPOSISI BESERTA STRUKTURNYA

Sebagaimana ditulis diatas tentang struktur dari teks eksposisi yang terdiri dari tesis, isi dan kesimpulan. Berikut ini contoh dari teks eksposisi yang susunannya berdasar struktur yang telah di tulis.

Tesis : Wanita sering kali menjadi objek utama terjadinya kejahatan. Indonesia disebut sebagai salah satu negara yang kurang memberikan rasa aman terhadap wanita. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya laporan yang menyebutkan korban kejahatan adalah seorang wanita. Bahkan, sosok pelaku kejahatan bukan hanya berasal dari orang asing. Beberapa kasus kejahatan bahkan ditengarahi oleh keluarga sendiri. Beberapa pendapat muncul dari penggiat media sosial bahwa tahanan pada masyarakat ada yang bermasalah.

Isi : Adanya hukum yang mengatur tentang kejahatan pun ternyata tidak membuat para pelaku berhenti untuk melakukan tindak kejahatan. Sekalipun mereka telah dijatuhi pinada kurungan selama beberapa tahun, bahkan setelah keluar dari sel mereka tetap mengulangi kejahatannya. Penyebab dari maraknya tindak kejahatan terhadap wanita, beberapa ahli sosial menyatakan hal ini di picu stereo type yang banyak terjadi di kalangan masyarakat. Sistem patriaki sudah mendarah daging dianut oleh masyarakat secara luas. Sistem ini menyatakan bahwa kedudukan seorang lelaki itu jauh lebih tinggi di atas keduduk seorang wanita.

Tidak hanya sekali, bahwa sudah entah berapa kali pemerintah mengupayakan cara untuk mengurangi tindak kriminal terhadap wanita. Misalnya saja dengan melakukan seminar sosialisasi pemberdayaan terhadap wanita, menyediakan tempat umum khusus wanita, berlakunya prioritas di umum kepada wanita. Namun hal tersebut tidak berdampak kepada mereka yang memang sudah punya niatan untuk melanggar dan tidak menggubris aturan sama sekali.

Kesimpulan : Susahnya menghilang budaya sistem patriaki pada masyarakat, tentu sangat memberatkan kepada wanita. Karena, mau tidak mau seorang wanita dipaksa dan ditekan harus mengikuti aturan-aturan yang cenderung memberikan deskriminasi gender. Selain itu, pada sistem patriaki seorang wanita dituntut untuk takut dan menuruti apapun kepada seorang laku-laki. Tidak tinggal diam tentunya, dibalik semua itu ada gerombolan wanita yang menentang hal tersebut. Mereka menganggap bahwa tindakan pada sistem petriaki merupakan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan seorang wanita. Yang mana wanita dikontruksi sebagai lemah lembut dan juga penurut.

Contoh Teks Eksposisi tentang Kesehatan

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG KESEHATAN

Otak merupakan bagian tubuh yang mempunyai peranan paling penting untuk menjalankan segala kinerja organ tubuh. Namun siapa sangka jika otak menjadi salah satu organ yang mudah terkena virus. Virus akan masuk ke dalam tubuh manusia ketika daya tahan tubuh bagian luar tidak dapat menampik virus yang menyerang. Hal ini akan berdampak pada organ tubuh lain juga. Begitu pula ketika fikiran merasa capek maka hal itu juga akan berdampak pada organ lain. Itulah mengapa kita sangat diharuskan untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Banyak cara yang dapat diupayakan untuk menjaga kesehatan daya tubuh kita. Salah satunya dengan tidur cukup tepat pada waktunya. Hal tersebut akan membantu tubuh, terutama otak kita lebih terjaga. Karena setiap sesuatu membutuhkan waktunya untuk berhenti bekerja sejenak. Diumpamakan seperti benda-benda listrik yang akan cepat rusaknya jika terlalu sering digunakan tanpa istirahat.

Tidur cukup, disebut menjadi salah satu hal penting yang harus diterapkan oleh setiap orang. Menurut kesehatan, setidaknya tubuh kita beristirahat selama 8 jam dalam semalam. Saat itu beberapa organ tubuh akan beristirahat. Badan akan terasa kurang enak dan sakit ketika seseorang  kurang tidur. Lebih-lebih akan terasa berat di kepala.

Kelihatannya tidur memang hal yang biasa saja, namun siapa sangka ternyata dengan tubuh kita yang kekurangan tidur, hal tersebut akan  berdampak pada sistem kesehatan tubuh.

 

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

CONTOH TEKS EKSPOSISI PERBANDINGAN

Singkong merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh di sembarang tempat terutama di kawasan bagian tropis dengan penyinaran penuh sepanjang tahun seperti di Indonesia ini. Singkong dapat tumbuh baik di daerah  berhawa panas dan banyak turun hujan serta di lahan kering dan kurang subur. Daya tahannya terhadap penyakit pun relatif sangat tinggi. Hampir seluruh bagian singkong dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Selain digunakan sebagai bahan pangan, ternyata singkong juga mengandung nilai gizi yang sangat berarti. Namun sayangnya, singkong masih dianggap sebagai pangan tradisional bagi masyarakat perkotaan.

Lain dengan singkong, keju menjadi salah satu jenis makanan yang disukai oleh masyarakat modern. Berbagai olahan makanan di kombinasi dengan keju. Keju sebenarnya merupakan olahan susu yang di padatkan. Oleh karena itu, kandungan nutrisi di dalam keju hampir sama dengan kandungan nutrisi pada susu. Namun ternyata, kalori yang terkandung di dalam keju jumlahnya lebih banyak sekitar lima kali lipat dari kalori yang terdapat pada susu.

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan

CONTOH TEKS EKSPOSISI SINGKAT TENTANG PENDIDIKAN

Sistem pendidikan yang terdapat di negara ini dianggap ada yang salah. Pemerintah telah mengatur kurikulum sedemikian rupa. Telah mengatur mata pelajaran dan juga waktu belajar dengan banyak pertimbangan namun ternyata ketika di terapkan di lapangan, hal tersebut dinyatakan tidak efektif. Banyak pelajar di sekolah yang mengatakan bosan karena setiap hari harus sekokah selama paling tidak 6 jam. Belum lagi jika nanti dari sekolah, pelajar harus mengerjakan tugas. Padahal menurut pakar pendidikan waktu efektif yang disarankan adalah selama 1 jam.

Ada seorang yang mengemukakan pendapatnya bahwa saat ini manusia sekolah tujuanya untuk mempersiapkan diri mereka menjadi seorang buruh. Karena menurutnya, aturan belajar sekolah yang dimulai pada jam 7 dan minimal sampai jam 1 siang itu sama dengan aturan yang berlaku kepada buruh. Padahal sebenarnya fokus otak manusia rata-rata adalah selama 20 menit pertama dihitung ketika pelajaran di mulai.

Jika kita memperhatikan, pada aturan negara-negara berkembang  rata-rata mereka menggunakan waktu belajar yang lama tujuannya tak lain adalah agar pelajaran yang diterima oleh para siswa lebih banyak.  Hal ini berbeda dengan banyak negara maju di dunia yang mana mereka menerapkan waktu belajar hanya selama 3 – 4 jam per harinya. Jika mau menganalisa dan meninjau kembali, pendidikan yang ada di negara berkembang sebagian besar hanya dapat menghasilkan masyarakat dengan kesiapan bekerja dengan fisik. Intelektual pada siswa di batasi, mereka tidak di beri ruang untuk mengembangkan intelektual mereka masing-masing.

Karena sudah melekat pada sistem Indonesia, maka bisa dikatakan susah untuk memperbaiki sistem. Pemikiran yang beranggapan bahwa lama waktu belajar akan mempengaruhi kecerdasan siswa. Dan dengan semakin lama waktu,  maka kecerdasan siswa semakin mudah didapatkan.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

CONTOH TEKS EKSPOSISI ANALISIS

Eksposisi analisis merupakan paragraf eksposisi yang di dalamnya berisi permasalahan yang di bagi pada setiap gagasannya. Dari situ kemudian tiap gagasan dikembangkan menjadi lebih sistematis.

Contoh :

Banyak teori yang telah dikemukakan untuk dapat mengungkap misteri yang dipertanyakan banyak orang mengenai segitiga bermuda. Dari segi ilmiah, ada yang memberi pendapat bahwa di area segitiga bermuda terdapat gelombang magnet yang dinyatakan sangat kuat. Sebab gelombang magnet inilah yang mengakibatkan apapun yang melintasi milayah tersebut tertarik hingga tenggelam. Namun dari segi non ilmiah, ada yang mengatakan bahwa segitiga bermuda merupakan kerajaan para jin. Terlepas dari itu semua, belum ada pendapat yang benar-benar dapat dijadikan sebagai teori mengenai segitiga bermuda.

 

Contoh Teks Eksposisi Klasifikasi

CONTOH TEKS EKSPOSISI KLASIFIKASI
Contoh Paragraf Eksposisi Klasifikasi. Pemerintah akan memberikan bantuan pembangunan rumah atau bangunan kepada korban gempa. Bantuan pembangunan rumah atau bangunan tersebut disesuaikan dengan tingkat kerusakannya. Warga yang rumahnya rusak ringan mendapat bantuan sekitar 10 juta. Warga yang rumahnya rusak sedang mendapat bantuan sekitar 20 juta. Warga yang rumahnya rusak berat mendapat bantuan sekitar 30 juta. Calon penerima bantuan tersebut ditentukan oleh aparat desa setempat dengan pengawasan dari pihak LSM.

Istilah Sampah sudah menjadi istilah yang sudah biasa kita dengar. Disadari atau tidak, dalam kegiatan kita sehari-hari pasti menghasilkan sampah.  Entah itu sampah rumah tangga, sampah industri atau yang lainnya.

Mengacu dari sifatnya, sampah bisa dikelompokkan menjadi dua jenis. Sampah anorganik  merupakan sampah yang sifatnya tidak mudah membusuk, misalnya seperti kertas, botol minuman dan plastik pembungkus makanan. Kemudian sampah organik merupakan sampah yang sifatnya sangat mudah untuk membusuk seperti sisa makanan, daun, sayuran dan lain sebagainya.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

CONTOH TEKS EKSPOSISI ILUSTRASI

Teks eksposisi ilustrasi berisikan paragraf yang memberikan gambaran secara sederhana mengenai suatu hal yang ada kaitannya dengan hal lain. Kemudian antara dua hal tersebut mempunyai kemiripan atau bahkan kesamaan.

Contoh :

Kebijakan yang dibuat oleh pemerintah seringkali malah menyusahkan para rakyat, terutama golongan rakyat kecil. Misalnya saja pada keputusan harga BBM yang naik, yang mana hal ini akan memicu naik harga jasa dan harga barang ikut naik. Keadaan yang seperti ini akan membuat para rakyat kecil berfikir memutar otak untuk memenuhi kebutuhannya.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

CONTOH TEKS EKSPOSISI DEFINISI

Contoh 1 :

Temulawak adalah tumbuhan herbal yang merupakan tanaman asli Indonesia. Temulawak menjadi tamanan yang berhabitat asli hutan tropis. Tidak hanya tumbuh di dataran tinggi saja, temulawak mampu hidup di dataran rendah dengan baik.  Kandungan yang terdapat dalam temulawak adalah minyak atsiri, zat tepung dan kurkumin. Banyak manfaat yang dapat diambil dari temulawak, salah satunya dalah sebagai obat pencegah anemia, mencegah penyakit kanker, meningkatkan sistem kinerja ginjal dan lain-lain.

Contoh Teks Eksposisi tentang Lingkungan

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG LINGKUNGAN

Kepadatan penduduk di wilayah perkotaan sudah menjadi hal prihatin. Hal ini menjadi salah satu pemicu di bangunnya rumah dengan model minimaliS. Selain karena kepadatan penduduk lahan kosong yang tersedia di perkotaan angat terbatas. Harganya pun tidak main-main, sangat jauh berbeda dengan harga tanah yang berada di luar perkotaan. Tentu saja bagi yang mempunyai ekonomi biasa saja hanya bisa membangun rumah yang minimalis.  Padahal melakukan aktivitas di dalam ruangan yang begitu sempit, akan berdampak pada kesehatan mata.

Kenapa bisa berdampak pada mata ? karena mata untuk daoat melatih otot-ototnya sangat butuh area yang luas. Ketika kejadian seperti jarak pandang yang sempit sering terulang, maka dampak yang dihasilkan adalah otot mata yang mulanya elastis menjadi tidak lagi. Dikarenakan mata yang hanya digunakan untuk melihat benda dengan jarak cukup dekat. Dengan kakunya otot mata pada manusia, hal ini yang menjadi pemicu munculnya penyakit miopi.

Jumlah masyarakat yang menggunakan kacamata, jika di tinjau lebih lanjut jumlahnya masih banyak di wilayah perkotaan daripada di pedesaan. Terlebih untuk anak-anak yang usia masih kecil sudah banyak yang menggunakan kacamata untuk alat bantu melihat lebih jelas.

Contoh Teks Eksposisi Identifikasi

CONTOH TEKS EKSPOSISI IDENTIFIKASI

Ayam bukanlah hewan langka yang hanya ada si negara Indonesia. Keberadaan ayam sangat menyebar luas di berbagai negara di seluruh dunia. Jenis ayam pun sangat lah banyak. Tercatat, ayam menjadi salah satu dari banyaknya jenis makanan yang paling disukai oleh masyarakat dunia. Ciri-ciri ayam sendiri hampir sama. Yang membedakan antara ayam di negara satu dengan negara yang lainnya adalah pada rasa dan juga struktur dagingnya. Jenis ayam yang paling banyak disukai untuk di konsumsi salah satunya adalah ayam pendaging.

Tak terkecuali di Indonesia, ayam jenis pedaging sangat banyak di budidayakan oleh masyarakat Indonesia. Jika dibandingkan dengan perawatan pada aya kampung, ayam pedaging dinilai lebih mudah. Selain itu tekstur daging ayam pedaging lebih empuk dan tebal. Untuk harganya pun ayam pedaging lebih miring, bahkan bisa sampai dua atau tiga kali lipat lebih murah dibandingkan ayam kampung. Di lain sisi, mengonsumsi gading ayam secara terus menerus pun juga dapat mengganggu kesehatan.

Kendati demikian, ayam pedaging tetap dijadikan sebagai alternartif oleh para masyarakat. Asal dikonsumsi dengan bijak maka masalah kesehatan tidak akan menyerang.

 

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

CONTOH TEKS EKSPOSISI PERTENTANGAN

Teks eksposisi pertentangan, sesuai dengan namanya tentu di dalamnya akan membahas mengenai suatu hal yang saling bertentangan.

Hukum yang ada di Indonesia ibarat sebuah pisau. Yang mana akan tajam ke bawah namun malah tumpul ke atas. Banyak kasus yang telah membuktikan istilah itu. Misalnya saja pada kasus seorang nenek yang mencuri singkong 1 buah malah dipenjara selama 6 bulan. Atau kasus seorang pemuda yang mencuri sandal di jatuhi pidana penjara selama 5 tahun. Justru para koruptor yang jelas-jelas mencuri uang negara sampai bermilyaran hanya dijatuhi hukuman 2 tahun dan terkadang malah diringankan.

 

Contoh Teks Eksposisi Laporan

CONTOH TEKS EKSPOSISI LAPORAN

Contoh 1 :

Keadaan pengungsi sangat memprihatinkan. Diketahui, bahwa mereka hidup dengan berdesak-desakan di dalam tempat penampungan. Bahan makanan memang cukup. Akan tetapi, alat memasak kurang memadai sehingga jadwal makan mereka tidak menentu. Air bersih yang  menjadi kebutuhan paling pokok harus dihemat karena diambil dari tempat yang jauh. Masalah pakaian, sepertinya mereka tidak terlalu memikirkan. Yang sangat mereka risaukan adalah masalah kesehatan. Jumlah pengungsi yang sakit, menurut laporan dari para pengungsi semakin bertambah setiap harinya.

Contoh 2 :

Sejak dulu, sudah diketahui bahwa penyebaran penduduk Indonesia tidak merata. Contoh mudahnya adalah pulau Jawa dan pulau Madura yang mempunyai luas 6,7 %  dari luas Indonesia, ternyata dihuni oleh 60 % penduduk Indonesia. Kepadatan penduduk di Jawa kurang lebih 900 orang per kilometer persegi. Kepadatan penduduk itu sangat luar biasa bedanya dengan wilayah Indonesia lain. Di Papua Barat, kepadatannya hanya 4 orang per kilometer persegi.  Bahkan, di Kabupaten Merauke yang luas daerahnya hampir sama dengan Pulau Jawa hanya dihuni oleh 270.000 orang sehingga kepadatannya hanya 2 orang per kilometer persegi.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi

CONTOH TEKS EKSPOSISI TENTANG EKONOMI

Keuntungan seorang pedagang berkaitan erat dengan modal yang digunakannya. Hal ini dapat disamakan dengan nelayan yang memancing di laut. Jika pedagang memerlukan modal, nelayan memerlukan umpan. Ikan yang dapat ditangkap nelayan sangat bergantung pada umpan yang digunakan. Jika umpannya hanya udang kecil, ikan yang ditangkap juga akan kecil, misalnya ikan tongkol. Jika ikan tongkol yang digunakan sebagai umpan, maka ada kemungkinan sang nelayan akan mendapatkan ikan yang lebih besar seperti ikan kakap. Begitu juga dengan seorang pedagang. Jika modalnya sedikit, keuntungan yang diraih juga sedikit. Sebaliknya, jika menginginkan keuntungan banyak, maka harus memberi modal yang banyak pula.

Contoh Teks Eksposisi Pengembangan Proses

CONTOH TEKS EKSPOSISI PENGEMBANGAN PROSES

Teks eksposisi dengan pola pengembangan proses merupakan t[paragraf yang memberikan penjelasan mengenai bagaimana sesuatu itu dapat terjadi. Contoh teks eksposisi dengan pola pengembangan proses adalah sebagai berikut :

Contoh 1 :

Tim studi penelitian lingkungan yang dipimpin oleh Asa Juanda, seorang kimiawan yang berasal dari Universitas Indonesia telah menemukan bagaimana cara reaksi kimia menjadi ramah lingkungan. Mereka menggunakan logam Au yang mempunyai ukuran masing-masing 25 nm yang digunakan untuk mengaktifkan oksigen yang berasal dari udara. Dimana oksigen merupakan komponen penting yang sangat dibutuhkan untuk proses oksidasi.

Oksidasi adalah proses dimana atom-atom oksigen ditambahkan ke dalam senyawa-senyawa karbon yang akan membentuk suatu senyawa organik yang bermanfaat. Pada prinsipnya, jika dalam proses oksidasi menggunakan oksigen murni dari udara maka hasilnya dapat dinyatakan  ramah lingkungan.  Dalam reaksi oksidasi, ikatan kimia yang terdapat pada masing masing atom harus lepas sehingga kedua atom sama-sama dapat digunakan dalam reaksi. Ternyata bagian ini menjadi bagian tersulit.

Hampir seluruh reaksi oksidasi yang dilakukan dalam dunia perindustrian menggunakan oksidan yang dianggap bahaya, misalnya asam perasetik yang mana loimbah yang dihasilkan tergolong limbah berbahaya atau beracun.  Dalam berbagai reaksi kimia, cairan digunakan untuk membantu melarutkan reaktan atau zat yang direaksikan dan juga mendorong atom agar saling berikatan. Akan tetapi, ternyata logam Au dapat dimanfaatkan untuk mengaktifkan oksigen tanpa menggunakan bahan pelarut berbahaya.

Contoh 2 :

Jeruk nipis, ternyata mempunyai mafaat luar biasa, salah satunya adalah untuk mengobati batuk.  Dalam jeruk nipis terkandung minyak atsiri dan beberapa zat yang dapat mengendalikan otot-otot pernapasan. Hal ini kemudian diyakini dapat merendahkan batuk. Untuk cara meraciknya yaitu dengan memeras jeruk nipis kemudian langsung diminum. Untuk mengurangi rasa masam, bisa ditambahkan madu dalam perasan jeruk nipis. Selain madu, bisa juga menggunakan gula atau kecap agar rasam asam berkurang.

Teks eksposisi, keberadaannya sangat mudah ditemukan. Kita dapat menjumpainya di berbagai tempat misalnya di surat kabar atau majalah. Tidak kalah menarik tentunya untuk dijadikan referensi membaca, karena dalam teks ekposisi banyak kita jumpai informasi baru.

15 Teks Eksposisi (Pengertian Dan Contohnya Terlengkap)

Tinggalkan komentar